9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang

0 0
Read Time:2 Minute, 25 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Meninggalkan rumah untuk mudik saat lebaran atau perjalanan jauh memang mengasyikkan. Dalam hal ini, Anda dapat bertemu dengan keluarga yang tidak dapat Anda temui, menghabiskan waktu berlibur dan melepaskan diri dari kepenatan.

Namun setelah perasaan bahagia itu, kami khawatir dengan kondisi rumah jika ditinggalkan. Tentu saja, bukan hal yang aneh jika seseorang memikirkan penampilan rumahnya dan ragu bahwa dia telah membagi rumahnya dengan baik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan dan mengecek berkali-kali sebelum berangkat. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih percaya diri dan tidak memikirkan hal terburuk tentang rumah yang akan Anda tinggalkan.

Berikut 9 tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga keamanan rumah Anda. 1. Kunci semua pintu dan jendela

Sebelum keluar rumah, pastikan untuk mengunci semua pintu dan jendela, termasuk pintu depan, pintu belakang, dan seluruh jendela di rumah Anda. 

Selain itu, pastikan untuk mengunci pintu akses lainnya seperti pintu garasi atau pintu balkon. Hal ini sering diabaikan padahal penting untuk mencegah masuknya orang yang tidak diinginkan ke dalam rumah Anda.

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mematikan semua peralatan listrik, seperti televisi, komputer, kompor, dan peralatan lainnya. Jangan lupa, pastikan Anda sudah mematikan penggunaan air di seluruh rumah.

Selain membantu menghemat energi dan biaya, hal ini juga dapat mencegah kebakaran atau kerusakan akibat perangkat yang tertinggal. 3. Jaga Nilai Tetap Aman

Simpan barang berharga Anda seperti perhiasan, dokumen penting dan uang di tempat yang aman. Anda dapat menyimpannya di tempat penyimpanan yang aman atau tersembunyi. 4. Tidak ada yang terlihat dari luar

Pastikan tidak ada barang milik Anda yang terlihat dari luar rumah. Sebab, hal ini bisa mengundang pencuri untuk menjadikan rumah Anda sebagai sasaran.

Sebaiknya Anda menginformasikan kepada RT/RW mengenai kunjungan Anda. Dengan cara ini, rumah Anda dapat dilihat dan dipantau kapan saja oleh staf lokal. Hal ini diperkirakan merupakan kejahatan yang berkaitan dengan pencurian rumah ternak dan proyek lain yang tidak diinginkan. 6. Seseorang harus memeriksa Rumah dari waktu ke waktu

Jika memungkinkan, Anda dapat meminta seseorang yang Anda percaya untuk memeriksa rumah Anda dari waktu ke waktu. Orang tersebut mungkin adalah teman, tetangga, atau anggota keluarga yang sesekali mengunjungi rumah Anda saat Anda pergi. Mereka bisa melihat apakah ada kelainan atau tidak. 7. Pasang CCTV atau Sistem Keamanan

Jika Anda memiliki sistem keamanan rumah atau CCTV, pastikan sudah diaktifkan dan berfungsi dengan baik sebelum Anda meninggalkan rumah. Periksa juga apakah sensor dan kamera berfungsi dengan baik.

Dapat dihubungkan ke ponsel Anda sehingga dapat dipantau kapan saja dan dimana saja.

Anda dapat memberikan informasi kontak darurat, seperti nomor telepon teman dekat atau anggota keluarga lainnya. Tulis informasi ini di tempat yang mudah dijangkau jika terjadi keadaan darurat. 9. Jangan memberi tahu terlalu banyak orang tentang rencana Anda

Hindari memberi tahu banyak orang atau orang asing tentang rencana Anda untuk pergi, termasuk menunjukkannya di media sosial. Oleh karena itu, hal ini dapat mengurangi risiko kekerasan. 

Yang terbaik adalah melindungi rencana perjalanan Anda dan hanya berbicara dengan teman atau keluarga tepercaya.

happy 9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang
Happy
0 %
sad 9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang
Sad
0 %
excited 9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang
Excited
0 %
sleepy 9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang
Sleepy
0 %
angry 9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang
Angry
0 %
surprise 9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Dijamin Bikin Pikiran Tenang
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D