Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!

0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Sate Padang, salah satu kuliner khas Sumatera Barat, digandrungi banyak masyarakat di Indonesia. Terbuat dari daging sapi, lidah, dan jantung, sate ini terkenal dengan rasanya yang kuat dan banyak bumbu.

Namun bagi ibu hamil atau ibu hamil, mungkin ada kekhawatiran mengenai keamanannya, apalagi jika di dalam kotak tersebut terdapat banyak barang penting. Lantas, bolehkah ibu hamil makan sate padang? Ada berapa macam sate Padang?

Sebelum bicara lebih jauh mengenai nasib ibu hamil, ada baiknya Anda mengetahui dulu ada tiga jenis Sate Padang seperti dilansir Wonderful Indonesia pada Senin, 30 September 2024. Sate Padang Panjang : Bumbunya berwarna kuning, dan rasanya manis. Sate Pariaman : Bumbu merah, diasap karena cabainya banyak. Sate Padang Kota: Bumbu merah, perpaduan makanan Padang Panjang dan Pariaman.

Ketiga jenis sate ini menggunakan daging sapi dan jeroan dalam jumlah banyak sehingga kerap dipertanyakan keamanannya bagi ibu hamil. Apakah kota berbahaya bagi ibu hamil?

Telur, seperti halnya hati dan ginjal, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya zat besi, protein, dan vitamin A, seperti dilansir Healthline. Berikut beberapa manfaat kunyit: Sumber zat besi: Zat besi pada kunyit berbentuk heme yang mudah diserap tubuh. Hal ini penting bagi ibu hamil untuk mencegah anemia. Protein Tinggi: Protein dalam hati dapat membantu ibu hamil bertahan lebih lama dan mendukung tumbuh kembang bayi. Sumber Vitamin A: Alkohol kaya akan vitamin A yang penting untuk tumbuh kembang bayi, terutama untuk mata dan sistem kekebalan tubuh.

Namun meski banyak manfaatnya, konsumsi hati sebaiknya dibatasi, terutama saat hamil.

Pasalnya, banyaknya vitamin A dalam bentuk retinol di hati dapat mempengaruhi kesuburan jika digunakan secara berlebihan. Vitamin A lebih dari batas harian ibu hamil.

 

Bagian tubuh lainnya, hati, merupakan sumber yang kaya akan vitamin A. Vitamin A berperan penting dalam perkembangan janin, termasuk pertumbuhan sel dan kekebalan.

Selain itu juga mengandung zat besi dan vitamin B yang penting untuk kesehatan ibu dan bayi. American College of Obstetricians and Gynecologists menganggap hati sebagai sumber daya terpenting selama kehamilan. Apa yang terjadi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin A?

Namun, penting untuk dicatat bahwa vitamin A ditemukan dalam dua bentuk, yang pertama (retinol) dan ditemukan dalam makanan hewani, dan karotenoid (provitamin A) ditemukan dalam sumber nabati.

Meskipun mendapatkan cukup vitamin A itu penting, namun mengonsumsi terlalu banyak vitamin A sebelumnya bisa berbahaya. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak vitamin A selama kehamilan dapat dikaitkan dengan cacat lahir dan masalah serius, seperti gagal jantung, masalah ginjal, dan masalah mata, telinga, dan hidung.

Oleh karena itu, Badan Pangan dan Gizi Amerika Serikat menyarankan ibu hamil untuk tidak melebihi asupan harian vitamin A berdasarkan 10.000 IU atau setara 3.000 mcg retinol ( RAE).

 

Satu porsi hati sapi seberat 3 ons mengandung 6.583 mcg vitamin A RAE. Dengan kata lain, hanya mengonsumsi hati setiap kali, apalagi ibu hamil melebihi batas konsumsinya, dapat berdampak pada kesehatan bayi.

Karena tingginya kadar vitamin A di hati, banyak ahli, termasuk dari National Health Service Inggris, menyarankan untuk menghindari masalah hati dan hati selama kehamilan.

Meski belum jelas apakah vitamin A dalam makanan memiliki efek yang sama dengan suplemen, Food and Drug Administration (FDA) tetap menyarankan ibu hamil untuk memantau jumlah makanan dan hewani.

happy Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!
Happy
0 %
sad Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!
Sad
0 %
excited Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!
Excited
0 %
sleepy Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!
Sleepy
0 %
angry Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!
Angry
0 %
surprise Bolehkah Bumil Boleh Makan Sate Padang? Ngga Usah Takut, Ini Penjelasannya!
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D