Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama

0 0
Read Time:2 Minute, 37 Second

Jakarta, gospelangolano.com – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas berharap Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 dapat menjadi sumber inspirasi bagi seluruh siswa Indonesia. Menag menggarisbawahi, ajang kompetisi bergengsi yang digelar di Ternate, Maluku Utara, pada 2 hingga 7 September 2024 ini sangat strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa. 

“Kami berharap acara KSM 2024 tahun ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pelajar Indonesia untuk terus berprestasi dan berinovasi dalam setiap aspek kehidupan,” kata Gus Men, sapaan akrab Menteri Agama Yaqut, saat membuka acara KSM nasional 2024 di Jakarta, dalam peringatan tertulis yang diterima di gospelangolano.com, Selasa 3 September 2024.

Gus Men menilai KSM merupakan media strategis untuk mengembangkan ekosistem madrasah yang unggul dan berdaya saing tinggi. Untuk itu Gus Men berharap KSM ke depannya terus berkembang dengan tidak hanya fokus pada kajian-kajian yang sudah ada, namun juga menyambut kajian-kajian baru yang relevan dengan kebutuhan masa depan.

Dalam kesempatan tersebut Gus Men juga berpesan kepada para siswa madrasah yang akan mengikuti ajang KSM Nasional 2024 agar tetap semangat, menjunjung tinggi integritas dan sportifitas. Menurutnya, kemenangan sesungguhnya bukan sekadar meraih medali, tapi menghargai proses, menghargai lawan, dan terus belajar dari setiap pengalaman. 

“Kepuasan sesungguhnya bukan hanya terletak pada kemenangan, namun pada proses yang mengajarkan kita nilai-nilai kesabaran, ketekunan, dan kerja keras. Kepada anak-anak saya, para mahasiswa yang akan berlaga di ajang KSM 2024, teruslah mengobarkan semangat berkompetisi dan belajar terus menerus. Menjunjung tinggi integritas dan sportivitas dalam setiap langkah,” ujarnya.

Mengajak peserta membantu korban banjir Ternate

Dalam kesempatan itu Gus Men juga mengajak seluruh peserta KSM 2024 untuk tidak hanya fokus memenangkan persaingan. Lebih lanjut, Menag Yaqut menghimbau peserta KSM untuk menunjukkan empati dan kepedulian yang besar terhadap sesama, khususnya terhadap korban banjir bandang di Ternate. Banjir bandang ini menewaskan puluhan orang dan menyebabkan banyak warga kehilangan tempat tinggal.

“Ilmu yang kita peroleh dan lomba-lomba yang kita adakan akan lebih bermakna jika kita juga peduli terhadap kemanusiaan. Saya mengajak anak-anak madrasah peserta KSM untuk membantu korban banjir di Ternate,” ujarnya.

Gus Men menegaskan, KSM saat ini hendaknya tidak hanya melahirkan generasi unggul secara intelektual, tetapi juga generasi yang peduli dan berperan aktif membantu sesama. “KSM memang luar biasa, anak-anak madrasah punya kemampuan yang hebat, tapi mari kita pastikan ilmu yang mereka peroleh bisa bermanfaat bagi kemanusiaan,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof Abu Rokhmad menyoroti beberapa keistimewaan KSM tahun ini. KSM 2024 bersifat inklusif, menambah kategori peserta dari madrasah inklusif. Selain itu, terdapat kategori baru bagi peserta yang berasal dari madrasah yang berada di daerah terpencil, daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T), serta madrasah yang memiliki peserta didik berkebutuhan khusus.

KSM 2024 diikuti oleh 618.756 peserta tingkat satuan pendidikan, 319.420 peserta tingkat kabupaten/kota, 90.378 peserta tingkat provinsi, dan 7.595 peserta tingkat nasional. “KSM 2024 tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya saing siswa madrasah, tetapi juga untuk menggali dan mengapresiasi potensi mereka di bidang ilmu pengetahuan,” kata Abu Rokhmad. Capaian BPJPH, Bagian Warisan Terbaik Kementerian Agama di Era Modern Selain memperkuat regulasi, BPJPH juga melakukan berbagai upaya strategis lainnya. Hal ini termasuk menetapkan standar dan menetapkan tarif yang jauh lebih murah. gospelangolano.com.co.id 11 Oktober 2024

happy Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama
Happy
0 %
sad Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama
Sad
0 %
excited Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama
Excited
0 %
sleepy Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama
Sleepy
0 %
angry Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama
Angry
0 %
surprise Kompetisi Sains Madrasah 2024 Digelar, Ini Pesan Menteri Agama
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D