Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa

0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Badai matahari terkuat sejak tahun 2017 mengguncang bumi, namun sayangnya para pemburu aurora kecewa melihat tontonan aurora yang menakjubkan di kegelapan. Peristiwa tersebut terjadi pada 22 Maret pukul 21.45 EDT (10.45 WIB tanggal 23 Maret 2024) saat Matahari meletus dengan suar kelas X yang dahsyat, melepaskan segumpal plasma super panas ke Bumi yang dikenal sebagai Coronal Mass Ejection. (CME).

Seperti dilansir Space, Selasa (26/3/2024), serangan pada Minggu, 24 Maret 2024 pukul 10:37 EDT (09:37 WIB) memicu badai geomagnetik kelas G4 yang parah, badai matahari terkuat sejak 2017. . Badai geomagnetik adalah gangguan pada medan magnet bumi yang disebabkan oleh pelepasan plasma dan medan magnet dalam jumlah besar dari atmosfer matahari dalam bentuk CME.

Peringkat badai ditetapkan oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) pada skala G1 hingga G5, dengan G5 sebagai tingkat paling ekstrem yang dapat menyebabkan pemadaman total radio HF dan seluruh sinar matahari dari Bumi. NOAA mengeluarkan peringatan badai geomagnetik pada 24 Maret 2024 dan memperkirakan Cahaya Utara dapat terlihat hingga ke selatan hingga Alabama dan California Utara.

Namun, harapan para pemburu aurora pupus karena Bumi menutup pintunya bagi aurora dengan arah utara yang kuat dari BZ. Bz mengacu pada arah utara-selatan medan magnet antarplanet (IMF), yang merupakan pemain kunci dalam menentukan bagaimana angin matahari berinteraksi dengan medan magnet bumi dan mempengaruhi aktivitas aurora.

Bz yang kuat di selatan dapat mengganggu medan magnet bumi dan menyebabkan partikel aurora jatuh ke atmosfer kita sehingga menimbulkan munculnya cahaya terang. Namun jika Bz mengarah ke utara, aurora sulit terjadi karena IMF utara tidak terhubung dengan medan magnet bumi. 

happy Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa
Happy
0 %
sad Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa
Sad
0 %
excited Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa
Excited
0 %
sleepy Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa
Sleepy
0 %
angry Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa
Angry
0 %
surprise Badai Matahari Terkuat Hantam Bumi, Pemburu Aurora Kecewa
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D