Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat

0 0
Read Time:3 Minute, 16 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Anda mungkin mengenal beberapa orang yang langsung tertidur ketika kepalanya menyentuh bantal. Bagi sebagian lainnya, tertidur bisa menjadi proses yang membosankan. Entah karena Anda tidak lelah, sibuk, merasa mual, atau alasan lainnya, masalah tidur yang umum ini dapat mengganggu istirahat Anda.

“Tidur itu penting secara umum, dan setiap orang yang tidur memiliki preferensi unik untuk meningkatkan kualitas tidurnya,” kata Dr. Peter Poulos, spesialis pengobatan tidur di New Jersey.

Ia mengatakan, ada banyak faktor yang mempengaruhi tidur. Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain, tetapi kuncinya adalah menemukan elemen yang cocok untuk Anda dan mencoba untuk mematuhinya sebelum tidur. Beberapa ahli tidur dan dokter memberikan nasihat tentang cara terbaik untuk tidur. Mereka merekomendasikan untuk mencoba berpikir tidur selama lima menit menjelang waktu tidur.​

Berikut penjelasan dari pemberitaan di situs Huffington Post pada Selasa (3/9/2024):

1. Bertukar pikiran

Kecemasan adalah salah satu penyebab utama orang sulit tidur, dan bisa jadi disebabkan oleh pikiran yang tidak terkendali. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan brainstorming.

“Tuliskan segala sesuatu yang terlintas dalam pikiran di buku catatan. Asah otak ini dapat membantu Anda mengusir pikiran-pikiran yang mungkin membuat Anda tetap terjaga dari kepala Anda,” kata Rebecca Robbins, peneliti tidur dan pakar tidur di Oura) menjelaskan. Dipercaya bahwa hal ini tidak hanya membantu menjernihkan pikiran tetapi juga menjaga pikiran-pikiran tersebut dalam bentuk nyata, yang sangat membantu bagi orang-orang yang khawatir akan melupakan sesuatu yang penting ketika mereka tertidur.

2. Matikan perangkat elektronik

Baik itu komputer, ponsel, atau tablet, sebaiknya jauhi perangkat elektronik sebelum tidur. “Saya biasanya menyarankan untuk meletakkan perangkat ini di tempat yang tidak mudah dijangkau saat Anda bangun dari tempat tidur,” seperti di bawah bantal, kata Dr. Kristin Gill adalah seorang psikiater, MD, di Minded, sebuah perusahaan psikiatri online yang dirancang khusus untuk wanita.

“Ini dapat membantu menahan godaan untuk mulai menelusuri email atau menjelajahi media sosial,” ujarnya lagi.

Anda sebaiknya tidak menggunakan ponsel Anda setidaknya 30 menit sebelum tidur di malam hari. “Cahaya biru yang dipancarkan perangkat ini mengganggu pelepasan hormon alami melatonin, yang membantu meningkatkan kualitas tidur,” kata Poulos.

3. Lakukan latihan pernapasan untuk rileks

Anda mungkin familiar dengan latihan pernapasan sebagai cara untuk mengatasi kecemasan, namun latihan ini juga dapat membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. “Pernapasan membantu mengurangi gairah fisiologis, yaitu ketika sistem saraf Anda berada dalam keadaan tinggi atau aktif, sering kali karena stres atau ketegangan,” kata dokter tidur holistik dan hipnoterapis perilaku Sarah Silverman.

Dia mengatakan seseorang tidak memiliki banyak kendali atas kapan dia benar-benar tertidur. Menurut Silverman, tidur merupakan proses pasif yang terjadi ketika Anda tidak ingin tidur. Namun, Anda memiliki banyak kendali atas pernapasan Anda dan apa yang Anda lakukan untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Salah satu latihan pernapasan favorit Silverman adalah pernapasan kotak, yang melibatkan tarik napas selama empat detik, tahan napas selama empat detik, buang napas selama empat detik, lalu tahan selama empat detik.

Sementara itu, Gill mengatakan meditasi yang dirancang sebelum tidur juga dapat bermanfaat, karena suara yang menenangkan dapat membantu Anda rileks dan memberikan ketenangan yang Anda butuhkan untuk tidur. Latihan pernapasan dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

4. Pastikan kamar tidur mempunyai suhu yang nyaman

Saat waktu tidur semakin dekat, Anda ingin memastikan kamar Anda memiliki suhu yang nyaman dan ideal untuk mendorong tidur. “Tidur di lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu karena mempengaruhi suhu inti tubuh dan dapat mengganggu tidur dini,” kata Poulos.

Menurutnya, menyetel termostat ke suhu yang nyaman dapat memberikan solusi cepat dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Polos merekomendasikan suhu 19 hingga 20 derajat Celcius.

5. Lakukan aktivitas yang menenangkan dan menyenangkan

Meski menonton TV itu menyenangkan, lebih baik lakukan aktivitas yang tidak memerlukan layar. Anda dapat meluangkan waktu lima menit untuk menyusun puzzle atau mewarnai halaman dari buku mewarnai dewasa. Ini adalah cara untuk melakukan sesuatu yang menenangkan dan mengalihkan perhatian yang mengalihkan fokus Anda dari upaya untuk tertidur dan malah menenangkan Anda.

happy Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat
Happy
0 %
sad Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat
Sad
0 %
excited Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat
Excited
0 %
sleepy Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat
Sleepy
0 %
angry Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat
Angry
0 %
surprise Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D