Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes

0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai berbagai praktik siber yang dapat mengganggu pelaksanaan program transformasi digital kesehatan. Salah satunya adalah email phising yang mengatasnamakan Satusehat.

“Saya mengimbau kepada fasilitas kesehatan dan masyarakat umum untuk tidak mengakses tautan yang dianggap mencurigakan, termasuk memberikan informasi pribadi melalui email atau saluran komunikasi lainnya,” kata Staf Spesialis Teknologi Kesehatan dan Transformasi Digital Kantor Pusat Kementerian Kesehatan (DTO) , Setiaji, Rabu (1/5/2024).

Dalam keterangan Kementerian Kesehatan, ia mengatakan pihaknya menerima laporan adanya upaya phising melalui email dari pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Satusehat dari Kementerian Kesehatan RI. Phishing merupakan salah satu bentuk penipuan atau penipuan yang sering dilakukan secara online oleh oknum oknum yang tidak bermoral dengan tujuan untuk mendapatkan informasi sensitif termasuk data pribadi seperti nama, umur, alamat, atau username dan password akun – pemantauan, serta data keuangan seperti informasi kartu kredit dan akun. .

Phisher melakukan penipuan atau penipuan ini dengan menyamar sebagai organisasi yang dapat dipercaya, seperti pemerintah, layanan publik, bank, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk memikat orang agar memberikan informasi pribadi tanpa sepengetahuan mereka. Dijelaskannya, dari laporan yang diterima, link phishing tersebut dikirimkan melalui email yang tidak menggunakan domain kemkes.go.id ke beberapa fasilitas layanan kesehatan. Tautan tersebut, kata dia, berisi permintaan untuk mengkaji data kesehatan di Satusehat.

“Link phishing serupa dapat dikirimkan ke publik menggunakan saluran komunikasi yang sama atau berbeda, seperti WhatsApp atau aplikasi pesan singkat lainnya,” ujarnya.

Setiaji menjelaskan, seluruh website dan email resmi yang terhubung dengan Kementerian Kesehatan RI hanya akan menggunakan domain kemkes.go.id. Sedangkan akun media sosial resmi, Whatsapp, Instagram, dan X, memiliki tanda verifikasi dengan tanda centang di setiap profil.

Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan asal rekening pengirim. Sedangkan informasi resmi tentang Satusehat dapat dilihat melalui saluran satusehat.kemkes.go.id.

 

happy Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes
Happy
0 %
sad Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes
Sad
0 %
excited Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes
Excited
0 %
sleepy Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes
Sleepy
0 %
angry Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes
Angry
0 %
surprise Waspadai Email Penipuan Mencatut Nama Satusehat Kemenkes
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D