Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Koreksi otomatis atau disebut juga koreksi input teks otomatis sering kali membantu Anda menghindari kesalahan saat mengetik pesan atau menulis.

Namun, ada kalanya fitur ini justru menimbulkan kebingungan, terutama saat mengoreksi nama, kata slang, atau singkatan yang dimasukkan.

Untungnya, fitur koreksi otomatis ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda merasa koreksi otomatis lebih mengganggu daripada membantu, Anda dapat menonaktifkannya.

Dikutip dari Android Police, Senin (16/9/2024), berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan koreksi otomatis di perangkat Android, termasuk Samsung Galaxy dan Google Pixel.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan koreksi otomatis di Gboard

Sebagian besar perangkat Android menggunakan Gboard sebagai keyboard defaultnya. Berikut langkah-langkah mengubah pengaturan koreksi otomatis di Gboard: Buka Pengaturan > buka menu Pengaturan di ponsel Anda. Pilih Sistem > Dari menu Opsi, pilih opsi Sistem. Pilih Papan Ketik > ketuk Bahasa & masukan, lalu ketuk Papan Ketik di Layar. Buka Pengaturan Gboard > Pilih Gboard untuk masuk ke pengaturan. Koreksi teks > Dari menu Gboard, pilih Koreksi teks. Ubah koreksi otomatis > temukan opsi koreksi otomatis di bagian koreksi. Anda dapat mematikannya dengan menggeser saklar ke posisi off, atau menyalakannya dengan menggeser ke posisi on.

Alternatifnya, Anda juga dapat mengakses pengaturan ini dengan membuka keyboard di aplikasi apa pun, menahan tombol koma (,) di keyboard Anda, dan mengetuk ikon Pengaturan yang muncul.

 

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan koreksi otomatis pada keyboard Samsung Anda

Bagi pengguna Samsung Galaxy, langkahnya sedikit berbeda karena ponsel ini menggunakan keyboard Samsung secara default: Buka Pengaturan: Buka menu Pengaturan. Manajemen Umum: Gulir ke bawah dan pilih Manajemen Umum. Pengaturan keyboard Samsung: Masukkan pengaturan keyboard Samsung Anda. Teks cerdas: Temukan opsi teks cerdas dan geser tombol ke Mati untuk mematikan koreksi otomatis atau Hidup untuk mengaktifkannya.

Berikut cara mengoptimalkan Koreksi Otomatis untuk pencetakan yang lebih baik

Jika Anda sering mendapati Koreksi Otomatis mengoreksi kata terlalu agresif, ada cara untuk membuat fitur tersebut lebih sesuai dengan gaya pengetikan Anda tanpa mematikannya sepenuhnya.

1. Tambahkan kata ke kamus pribadi Anda: Koreksi otomatis sering kali mengoreksi kata-kata yang jarang digunakan seperti nama atau istilah khusus. Anda dapat menambahkan kata ini ke kamus pribadi Anda agar koreksi otomatis tidak mengubahnya lagi. Buka keyboard di aplikasi apa pun. Tekan tombol koma, lalu ketuk ikon Pengaturan. Pilih Kamus lalu Kamus Pribadi. Tambahkan kata-kata baru yang sering Anda gunakan.

2. Gunakan fitur batalkan koreksi otomatis: Anda dapat membatalkan koreksi otomatis yang salah dengan menekan tombol (hapus) lagi. Caranya: Buka Pengaturan > Gboard > Koreksi teks. Aktifkan fitur “Batalkan koreksi otomatis saat kembali” untuk membatalkan perubahan hanya dengan menekan tombol kembali

3. Aktifkan pemeriksaan ejaan: Jika Anda ingin menonaktifkan koreksi otomatis namun tetap ingin teks Anda bebas kesalahan, aktifkan pemeriksaan ejaan. Kata-kata yang salah akan disorot dengan warna merah tanpa berubah secara otomatis. Buka Pengaturan > Koreksi teks. Aktifkan pemeriksaan ejaan.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat menyesuaikan koreksi otomatis dengan kebutuhan Anda, mengaktifkan, menonaktifkan, atau mengoptimalkannya agar lebih sesuai dengan gaya pengetikan Anda.

Jangan lupa opsi seperti periksa ejaan atau menambahkan kata ke kamus pribadi bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengurangi kesalahan tanpa mengandalkan koreksi otomatis.

happy Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android
Happy
0 %
sad Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android
Sad
0 %
excited Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android
Excited
0 %
sleepy Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android
Sleepy
0 %
angry Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android
Angry
0 %
surprise Kerap Ganggu Ketikan, Ini Cara Mudah Nonaktifkan Fitur Autocorrect di Keyboard Android
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D