Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur

0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

gospelangolano.com, Jakarta Sebagai makanan pokok, sebagian orang sulit menghindari nasi. Sebab, ada kekhawatiran kadar gula darah bisa meningkat, terutama bagi penderita diabetes. 

Oya, pengguna Instagram @kakak_maryam membagikan tips memasak nasi dengan sedikit gula namun tetap empuk dan enak. 

Bahannya tidak perlu banyak, cukup 2 bahan dapur yang ada di video yang digunakan oleh @kakak_maryam. Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum pada Senin (05/08/2024).

Pada dasarnya selain nasi, siapkan jus lemon dan minyak kelapa. Lemon di sini bertindak sebagai pengawet alami, dan minyak kelapa sangat bagus untuk mengurangi kandungan gula pada nasi dan menjaganya tetap montok.

Langkah pertama, sama seperti menanak nasi pada umumnya, adalah membersihkannya. Umumnya dibutuhkan 2 kali pencucian agar beras benar-benar bersih, sehingga nutrisinya tidak hilang saat dicuci. 

Langkah Kedua: Masukkan nasi ke dalam panci dan tambahkan air hingga tingkat yang dibutuhkan. Kemudian tambahkan jus lemon dan satu sendok makan minyak kelapa. Aduk hingga benar-benar meleleh, lalu masak nasi seperti sebelumnya.

Setelah nasi matang, tidak bisa langsung dimakan. Nasi putih kukus memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi sehingga berisiko terjadinya lonjakan gula darah. Oleh karena itu, sebaiknya angkat nasi dari api setelah matang sepenuhnya dan tunggu hingga dingin sebelum disantap. 

Tepung nasi yang katanya lebih enak bisa dibekukan. Setelah nasi matang dan didinginkan hingga suhu ruangan, masukkan nasi ke dalam wadah lalu simpan di freezer. Sebaiknya beras dikemas dalam jumlah banyak sebelum dibekukan. Jadi, untuk mengonsumsinya sendiri, cukup panaskan di microwave sebelum dimakan. 

Ada teori yang populer di kalangan masyarakat tentang jumlah air saat menanak nasi, yaitu sekitar satu butir di atas permukaan nasi. Namun, asalkan jumlah airnya tepat, Anda juga bisa menggunakan mangkuk atau gelas sebagai alat ukurnya.

Umumnya waktu yang tepat untuk memasak nasi dalam panci adalah 15 hingga 20 menit setelah air mulai mendidih. Namun, panjangnya bisa berbeda-beda tergantung selera pribadi dan jenis nasi yang dimasak.

Jika tutup penanak nasi tidak dibuka dan nasi tidak diaduk setelah dimasak, nasi akan cepat matang. Pasalnya, uap air yang terperangkap di sela-sela butiran beras tidak dapat dikeluarkan secara efektif tanpa diaduk.

Jika nasi dibiarkan di dalam penanak nasi selama beberapa jam tanpa diaduk, nasi akan mengering. Setelah 11-12 jam, nasi akan menguning dan bakteri mulai berkembang biak. Nasi kehilangan rasanya karena gulanya menurun seiring waktu.

Kesalahan menakar air atau waktu memasak yang terlalu singkat dapat menyebabkan nasi menjadi empuk. Umumnya nasi menjadi kering dan keras seperti belum matang sempurna. 

happy Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur
Happy
0 %
sad Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur
Sad
0 %
excited Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur
Excited
0 %
sleepy Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur
Sleepy
0 %
angry Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur
Angry
0 %
surprise Lebih Pulen dan Rendah Gula, Begini Trik Masak Nasi yang Benar dengan Tambahan 2 Bahan Dapur
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D