Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya

0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

gospelangolano.com, SURABAYA — Ahli gastroenterologi Universitas Airlangga (Unair), guru besar. Muhammad Miftahussurur, menjelaskan meski sama-sama gangguan pencernaan, asam lambung dan GERD memiliki gejala dan penyebab yang berbeda. Namun, kata dia, GERD dan asam lambung sebenarnya saling berkaitan. Penyebab asam lambung adalah bakteri, pengaruh obat-obatan atau gaya hidup dan pola makan.

Namun sebagian besar GERD disebabkan oleh kadar asam pada sel-sel dinding lambung yang naik dari lambung hingga kerongkongan, kata Mftah, Rabu (3/4/2024).

Lanjut Miftah, perbedaan GERD dan asam lambung juga terlihat dari gejalanya. Gejala GERD bisa di dalam usus atau di luar usus. Gejala pencernaan bisa berupa mual, demam, dan nyeri dada. Selain itu, Anda mungkin mengalami sesak napas, asma, gigi kuning, dan rasa pahit di mulut.

Sedangkan penderita asam lambung, gejala yang paling umum adalah rasa tidak nyaman pada lambung. “Asam lambung sering menyebabkan sembelit, sakit perut, kembung dan banyak lagi,” ujarnya. 

Miftah juga berbagi tips menjaga kesehatan perut agar tidak terkena GERD atau sakit maag. Pertama tentukan waktu makan dan tidur. Misalnya saja tidak makan dua jam sebelum tidur. Karena makanan yang belum tercerna mempunyai kemampuan untuk bangkit kembali.

“Saat tidur, tidak ada pengaruh gaya gravitasi yang membawa makanan dari pengosongan lambung ke usus halus. Nanti makanan di lambung kembali ke atas. Karena area tenggorokan dan lambung sejajar saat tidur,” katanya. 

Kedua, hindari memakai pakaian yang terlalu ketat. Dengan tidak mengenakan pakaian ketat, Anda akan mengurangi tekanan pada perut Anda. Oleh karena itu, makanan di dalam lambung tidak naik dan mudah dicerna, karena tekanan di dalam lambung tidak terlalu tinggi. 

Miftah juga menyarankan untuk buang air kecil secara rutin setiap hari. “Mengosongkan koloni akan mengurangi tekanan di hilir,” katanya.

happy Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya
Happy
0 %
sad Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya
Sad
0 %
excited Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya
Excited
0 %
sleepy Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya
Sleepy
0 %
angry Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya
Angry
0 %
surprise Mengenal Perbedaan GERD dan Asam Lambung Serta Langkah Pencegahannya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D