BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?

0 0
Read Time:4 Minute, 6 Second

gospelangolano.com, Jakarta – BlackRock memperingatkan melemahnya yen membuat investor asing menjauh dari saham Jepang. Rata-rata Nikkei 225 naik 14% tahun ini, mengungguli rekan-rekan globalnya. 

Namun, bagi investor berbasis dolar AS, keuntungan turun menjadi lebih dari 3% setelah yen jatuh ke level terendah dalam 34 tahun terhadap dolar AS. Angka tersebut jauh di bawah kenaikan S&P 500 sebesar 9,5% dan indeks Hang Seng yang berbasis dolar sebesar 11%.

Yue Bamba, kepala investasi aktif Jepang di BlackRock Inc, mengatakan investasi di saham Jepang akan lebih sulit jika mata uangnya terus melemah.

“Saat Anda berbicara dengan investor di seluruh dunia tentang Jepang, FX jelas menjadi perhatian utama semua orang,” kata Bamba seperti dikutip Yahoo Finance, Senin (13/05/2024). 

Melemahnya yen meningkatkan keuntungan bagi eksportir, yang secara tradisional merupakan pendorong saham Jepang. Namun, indeks Nikkei 225 turun lebih dari 6% dari level tertingginya di tengah kekhawatiran bahwa mata uang tersebut akan menjadi beban belanja konsumen domestik dan biaya impor bisnis.

Kinerja yen di masa depan lebih bergantung pada tindakan bank sentral AS dibandingkan Bank of Japan, menurut Bamba. Yen mungkin secara bertahap melemah hingga 170 terhadap dolar jika The Fed tidak menurunkan suku bunga. Alternatifnya, level 130 hingga 135 “sepenuhnya bisa dibayangkan” jika ada penurunan suku bunga.

Pemerintah Jepang kemungkinan akan melakukan intervensi pasar setidaknya dua kali dalam seminggu terakhir untuk mencegah jatuhnya yen. 

Pejabat Tokyo mungkin akan melanjutkan upaya untuk mendukung mata uang tersebut, kata Bamba karena melemahnya yen dalam jangka panjang karena hal ini tidak baik bagi negara atau biaya hidup.

Penafian: Semua keputusan investasi berada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. gospelangolano.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Sebelumnya, pasar saham Asia Pasifik melemah pada perdagangan Senin (13/5/2024).

Menurut CNBC, indeks harga konsumen Tiongkok naik 0,3 persen tahun ke tahun (y/y), mengalahkan perkiraan Reuters sebesar 0,2 persen.

Indeks harga produsen turun 2,5 persen tahun ke tahun, lebih besar dari perkiraan sebesar 2,3 persen.

Selain itu, minggu ini data ekonomi dari Jepang juga mengkhawatirkan. Jepang akan merilis perkiraan produk domestik bruto (PDB) kuartal pertama mengenai penurunan tahunan sebesar 1,5%, menurut jajak pendapat Reuters. Hal ini dapat menghambat rencana Bank of Japan untuk menaikkan suku bunga.

Selain itu, tingkat inflasi India juga akan dirilis awal pekan ini. Tingkat inflasi India turun menjadi 4,8 persen di bulan April dari 4,85 persen di bulan Maret, menurut jajak pendapat Reuters.

Indeks Nikkei 225 Jepang melemah 0,39 persen, sedangkan indeks Topix melemah 0,39 persen. Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,20 persen dan indeks Kosdaq melemah 1,05 persen.

Di tempat lain, indeks ASX 200 melemah 0,12 persen. Indeks Hang Seng di Hong Kong turun 0,52 persen. Indeks CSI 300 turun 0,7 persen.

Di Wall Street, indeks Dow Jones membukukan kinerja positif. Rata-rata industri Dow Jones naik 0,32 persen. S&P 500 naik 0,16 persen dan Nasdaq melemah.

Data sentimen konsumen yang dirilis Jumat pagi menunjukkan kenaikan inflasi sehingga mengurangi antusiasme investor.

Pembacaan awal indeks sentimen konsumen Universitas Michigan untuk bulan Mei berada di 67,4, di bawah estimasi Dow Jones sebesar 76 dan level terendah dalam enam bulan.

 

Sebelumnya, Jepang mencatatkan pasar saham Asia Pasifik dengan kinerja terbaik pada tahun 2023. Indeks Nikkei 225 naik 28%, level yang belum pernah terjadi sejak tahun 1989.

Mengutip pesan CNBC yang ditulis Sabtu (30/12/2023), indeks Nikkei 225 mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada akhir tahun 1989 setelah gelembung real estate dan ekuitas. Pada saat krisis terjadi, Jepang terjerumus ke dalam periode perlambatan ekonomi, yang sering disebut sebagai dekade yang hilang Jepang. Namun, kali ini berbeda.

Harga properti di seluruh negeri tidak mengalami kenaikan seperti pada akhir tahun 1980-an Jepang mengalami perubahan struktural pada tahun 2023.

Perusahaan-perusahaan berkinerja lebih baik, sebagian karena melemahnya yen membuat produk lebih kompetitif.

Nikkei juga melaporkan bahwa perusahaan akan mengeluarkan lebih banyak uang pada tahun 2023. Investasi yang dilakukan perusahaan Jepang mencapai 31,6 miliar yen atau sekitar 221,03 miliar dolar pada tahun fiskal 2023.

Investasi di Jepang, yang merupakan dua pertiga dari seluruh investasi perusahaan Jepang, akan mengalami persentase pertumbuhan dua digit untuk tahun kedua berturut-turut, kata laporan itu. Investasi asing juga meningkat sebesar 22,6 persen, pertumbuhan dua digit selama tiga tahun berturut-turut.

 

 

Minat investor asing juga turut berperan mendorong indeks Nikkei berkinerja lebih baik. Hal ini didukung oleh sikap investor dan miliarder Warren Buffett terhadap saham-saham di Jepang.

Investor asing mencari peluang di Jepang karena melemahnya yen dan potensi kenaikan saham.

Kepala Makroekonomi Pictet, Dong Chen, mengatakan: Pada bulan Juni, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia mengubah rantai pasokan mereka dari Tiongkok. Hal ini dapat menguntungkan Jepang, terutama di sektor-sektor kelas atas yang lebih intensif teknologi, seperti semikonduktor.

“Semua hal ini berjalan ke arah yang benar, kami pikir ada alasan untuk bersikap lebih positif terhadap Jepang dibandingkan sebelumnya,” tambahnya.

 

happy BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?
Happy
0 %
sad BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?
Sad
0 %
excited BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?
Excited
0 %
sleepy BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?
Sleepy
0 %
angry BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?
Angry
0 %
surprise BlackRock Peringatkan Yen Melemah Bakal Berdampak ke Saham di Jepang, Kok Bisa?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D