3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?

0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Ahli Urologi RS Siloam ASRI, Prof. Nur Rasyid menjelaskan tiga pilihan pengobatan batu ginjal dan masalah saluran kemih lainnya.

Tiga pilihan pengobatan adalah: Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) adalah prosedur non-invasif yang menggunakan gelombang kejut untuk memecah batu ginjal menjadi pecahan yang lebih kecil.

Fragmen-fragmen ini kemudian akan keluar secara alami melalui saluran kemih. Prosedur ini efektif untuk batu ginjal yang berukuran relatif kecil dan tidak keras. Nefrolitotomi perkutan

Nefrolitotomi Perkutan (PCNL) adalah prosedur pengangkatan batu ginjal menggunakan alat khusus dengan membuat sayatan kecil pada kulit dengan alat endoskopi yang masuk ke dalam saluran ginjal.

PCNL biasanya direkomendasikan untuk batu ginjal yang berukuran cukup besar atau untuk kasus yang tidak dapat diobati dengan metode non-invasif lainnya. Pembedahan intravena yang dapat dibalik

Bedah Intravena Retrograde (RIRS) adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengatasi batu ginjal dan penyakit saluran kemih lainnya.

Teknik ini merupakan prosedur invasif minimal yang telah terbukti efektif dalam pengobatan batu ginjal.

Pengobatan dengan metode RIRS dilakukan dengan memasukkan alat endoskopi kecil dari saluran kemih bagian bawah (kandung kemih) lalu naik ke saluran kemih bagian atas, lalu ke saluran menuju ginjal. Alat ini dapat menjangkau seluruh saluran di ginjal karena sifatnya yang fleksibel.

Nur Rasyid menjelaskan, RIRS merupakan prosedur minimal invasif yang terbukti efektif mengatasi masalah batu ginjal.

RIRS berguna untuk mendiagnosis dan mengobati kelainan pada saluran kemih mulai dari ureter hingga ginjal.

Singkatnya, metode RIRS merupakan metode yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah batu ginjal dengan satu kali operasi, jelas Nur Rasyid dalam siaran pers yang dikutip, Rabu (31/1/2024).

Guru Besar Universitas Indonesia ini juga menjelaskan beberapa manfaat yang bisa didapat jika pasien memilih metode RIRS untuk mengobati batu ginjal. Keunggulan tersebut antara lain: Tingkat invasi minimal

Pertama, RIRS merupakan prosedur tanpa sayatan pada tubuh. Hasilnya, pasien mengalami waktu pemulihan yang lebih singkat, rasa sakit yang lebih sedikit, dan risiko infeksi yang lebih kecil dibandingkan dengan operasi terbuka. Membersihkan batu ginjal dengan presisi tinggi

Keunggulan lain RIRS adalah kemampuannya membersihkan batu ginjal dengan lebih efisien.

RIRS memungkinkan dokter mengeluarkan batu ginjal dengan lebih presisi. Batu ginjal yang sulit dijangkau dapat dipecah menjadi potongan-potongan kecil, pasir atau bahkan debu dan dikeluarkan selama operasi dan sebagian kecil melalui saluran kemih secara alami.

Hal ini dimungkinkan karena RIRS menggunakan teknologi uretra yang fleksibel dan sinar laser.

Manfaat yang ketiga adalah RIRS dapat digunakan untuk mengatasi batu ginjal berukuran kecil 2 cm. Ukuran ini biasanya sulit dihilangkan dengan prosedur bedah lainnya.

Metode ini memungkinkan dokter menjangkau tempat-tempat sulit di saluran kemih bagian atas dan ginjal dengan sangat presisi.

“RIRS memungkinkan pengobatan disesuaikan untuk setiap pasien. Dokter spesialis yang melakukan operasi dapat merancang strategi yang tepat berdasarkan ukuran, lokasi, dan karakteristik batu ginjal pasien, jelas Nur Rasyid.

happy 3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?
Happy
0 %
sad 3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?
Sad
0 %
excited 3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?
Excited
0 %
sleepy 3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?
Sleepy
0 %
angry 3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?
Angry
0 %
surprise 3 Opsi Pengobatan Batu Ginjal dan Masalah Saluran Kencing, Mana Lebih Unggul?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D