Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru

0 0
Read Time:2 Minute, 53 Second

gospelangolano.com, Ottawa, Kanada – Pemerintah Kanada pada Senin (24/6/2024) mengungkapkan kemungkinan akan mengikuti jejak Amerika Serikat dan Uni Eropa dengan menaikkan bea masuk kendaraan listrik buatan China. Tujuan keseluruhannya sama: untuk melindungi industri dan lapangan kerja lokal.

Mereka akan terus menegosiasikan langkah-langkah untuk menyelaraskan diri dengan sekutu mereka melawan apa yang mereka lihat sebagai subsidi industri besar-besaran yang tidak adil dari Tiongkok.

Menurut Reuters, Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland mengatakan sektor otomotif dalam negeri menghadapi persaingan tidak sehat dari “kebijakan kelebihan kapasitas yang dipimpin oleh negara (Tiongkok).”

Sebelum menentukan apakah tarif tersebut berlaku, pemerintah Kanada akan mengadakan konsultasi publik selama 30 hari mengenai pengaduan mulai tanggal 2 Juli.

“Pabrikan Tiongkok sengaja menciptakan kelebihan pasokan global yang merugikan produsen kendaraan listrik di seluruh dunia, termasuk Kanada,” kata Freeland kepada wartawan di Vaughan, Ontario.

Pernyataan tersebut muncul setelah pemerintahan AS di bawah Biden mengumumkan pada bulan Mei bahwa bea masuk kendaraan listrik Tiongkok akan naik hingga 100 persen, dan Uni Eropa mengumumkan bahwa bea masuk tersebut akan meningkat hingga 0,1 persen mulai tanggal 4 Juli.

Namun, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tetap berhati-hati dalam mengambil tindakan, khawatir Kanada akan menghadapi pembalasan dari Tiongkok, yang akan menimbulkan ancaman bagi negara lain.

“Kami akan mempertimbangkan dengan cermat langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk memastikan bahwa industri otomotif Kanada dan konsumen Kanada mendapat dukungan yang baik di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Saat mengusulkan negosiasi baru mengenai opsi tersebut, Kanada menerima peringatan dari Tiongkok melalui surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah, yang menyatakan bahwa mereka tetap rasional dan strategis tanpa pengaruh Washington. Hal ini juga mengingat Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar kedua bagi Kanada setelah Amerika Serikat.

Menurut data yang diperoleh Reuters dari pelabuhan terbesar Kanada di Vancouver, impor mobil dari Tiongkok di pelabuhan tersebut meningkat 460% setiap tahunnya sejak tahun 2023, ketika Tesla mulai mengirimkan kendaraan listrik buatan Shanghai ke Kanada.

Meskipun Tesla adalah kontributor terbesar terhadap kenaikan tersebut, sumber Bloomberg mengatakan peraturan tarif Kanada tidak terfokus pada Tesla. 

Grup otomotif Kanada telah meminta Trudeau untuk mengenakan tarif pada mobil Tiongkok yang bertentangan dengan keputusan menaikkan tarif di Eropa, yang memicu protes dari produsen mobil lokal terkemuka di negara tersebut. Mereka mengatakan negara Amerika Utara tidak boleh menyimpang dari AS dalam masalah ini, mengingat adanya perjanjian perdagangan bebas antara AS, Meksiko, dan Kanada.

Perdana Menteri Ontario Doug Ford pekan lalu juga meminta Trudeau untuk menyelaraskan kebijakan tarif dengan kebijakan Amerika, yang berarti 100 persen pada mobil Tiongkok.

“Jika kita tidak bertindak cepat, kita membahayakan pekerjaan di Ontario dan Kanada,” kata Ford.

Dalam pidatonya pada pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Dalian, Tiongkok pada Selasa (25 Juni 2024), Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, menanggapi tiga ancaman perlindungan Barat terhadap kendaraan listrik, mengatakan bahwa perusahaan Tiongkok mendapat keuntungan dari subsidi yang tidak adil dan bersedia untuk melakukan hal tersebut. membanjiri pasar mereka dengan teknologi murah dan ramah lingkungan.

“Produksi kendaraan listrik canggih, baterai lithium-ion, produk fotovoltaik, dan lain-lain di Tiongkok, pertama-tama memenuhi permintaan domestik kami, tetapi juga memperkaya pasokan global,” kata Li dalam pidato utamanya di kota timur laut Tiongkok.

“Peningkatan pesat industri-industri baru Tiongkok didasarkan pada keunggulan komparatif Tiongkok yang unik,” kata Li.

Tiongkok menegaskan bahwa mereka hanya memutuskan untuk berinvestasi sejak dini pada teknologi ramah lingkungan, bukan memberikan subsidi yang tidak adil. Dalam hal ini, menurutnya, tindakan Barat tidak bisa dibenarkan.

Pemerintah Tiongkok sebelumnya juga memperingatkan Uni Eropa bahwa mereka berisiko membuka front baru dalam perang dagang dengan negara-negara Barat.

happy Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru
Happy
0 %
sad Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru
Sad
0 %
excited Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru
Excited
0 %
sleepy Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru
Sleepy
0 %
angry Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru
Angry
0 %
surprise Kanada Gabung Amerika dan Eropa Waspadai Kendaraan Listrik China, Tiongkok Ancam Bentuk Front Baru
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D