Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!

0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Salah satu kilang minyak terbesar di dunia, Halliburton, mengonfirmasi adanya serangan siber yang memaksanya menutup beberapa sistem awal pekan lalu.

“Pada 21 Agustus 2024, Halliburton Company menyadari adanya akses pihak ketiga yang tidak sah ke sistem tertentu,” kata perusahaan AS itu dalam pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

“Ketika perusahaan menyadari masalah ini, kami mengaktifkan respons keamanan siber dan, dengan dukungan penasihat eksternal, menyelidiki dan menyelidiki secara internal aktivitas tidak sah tersebut,” tambah Halliburton, Senin (26/8/2024). ).

Perusahaan menambahkan bahwa insiden tersebut telah mendorongnya untuk mematikan beberapa sistem untuk memerangi serangan siber.

Halliburton juga melaporkan serangan peretasan tersebut kepada lembaga penegak hukum terkait, dan pakar TI saat ini berupaya memulihkan perangkat yang terkena dampak dan menilai dampak serangan tersebut.

“Upaya respons perusahaan termasuk secara proaktif menonaktifkan sistem tertentu untuk membantu melindungi dan memberi tahu penegak hukum. Investigasi dan respons yang sedang dilakukan perusahaan mencakup pemulihan sistem dan penilaian kerentanan,” kata Halliburton.

Halliburton mengatakan perseroan juga melakukan komunikasi dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

“Perusahaan mengikuti standar keselamatan berbasis proses untuk pengoperasian Sistem Manajemen Halliburton saat ini dan berupaya menentukan dampak dari insiden ini,” kata perusahaan itu.

 

Penyedia layanan minyak tidak mengungkapkan sifat serangan tersebut, dan juru bicara Departemen Energi mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa sifat pasti dari insiden tersebut belum diketahui.

Didirikan pada tahun 1919, Halliburton mempekerjakan lebih dari 40.000 orang untuk menyediakan teknologi, produk, dan layanan minyak kepada perusahaan energi di seluruh dunia.

Pada bulan Juli, Halliburton melaporkan pendapatan sebesar $5,8 miliar dan margin operasi sebesar 18% untuk kuartal kedua tahun 2024.

Sebelumnya, pada tahun 2021, kelompok ransomware DarkSide menyerang sistem Colonial Pipeline, jaringan pipa bahan bakar terbesar di Amerika Serikat. 

Perusahaan tersebut, yang memasok hampir setengah dari seluruh bahan bakar di Pantai Timur AS, juga terpaksa mematikan beberapa sistem untuk mencegah serangan tersebut dan menghentikan sementara semua operasi pipa.

Grup ransomware DarkSide tiba-tiba ditutup setelah mendapat perhatian yang meningkat dari penegak hukum, pemerintah AS, dan media.

Namun, Colonial Pipeline terpaksa membayar $4,4 juta dalam mata uang kripto untuk dekripsi, yang sebagian besar kemudian diperoleh kembali oleh FBI.

happy Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!
Happy
0 %
sad Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!
Sad
0 %
excited Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!
Excited
0 %
sleepy Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!
Sleepy
0 %
angry Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!
Angry
0 %
surprise Perusahaan Minyak Raksasa Halliburton Akui Kena Serangan Siber, Sistem Jaringan sampai Tutup!
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D