Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

JAKARTA – Pedoman pemasangan pembangkit listrik tenaga listrik (EVCS) direvisi karena sulitnya memadamkan api akibat penggunaan baterai litium.

Plt Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia (JBPM) Kuala Lumpur, Rozihan Anwar Mamat mengatakan, hingga saat ini belum ada peralatan yang mampu memadamkan api akibat baterai litium yang biasa digunakan pada kendaraan listrik (EV).

“Sampai saat ini belum ada satu pun alat pemadam api yang mampu memadamkan api baterai litium yang digunakan pada kendaraan EV (secara umum),”

“Kami hanya bisa memadamkan api (sampai padam), tapi tidak bisa padam total,” kata Anwar, menurut laporan Metro Malaysia.

Cara lain: gunakan selimut khusus untuk memadamkan api. Faktanya, jenis lithium bisa menyala kembali meski apinya sudah padam, katanya dalam konferensi pers usai memimpin Building Fire Safety: Regulations di sini hari ini.

Sebanyak 140 peserta yang terdiri dari Badan Pengelola Bersama (JMB), Badan Pengelola (MC), Asosiasi Masyarakat, Pemilik Lahan dan Masyarakat mengikuti kursus gratis satu hari tersebut.

Topik yang dibahas meliputi Amandemen Undang-Undang Layanan Kebakaran 1988 (UU 341) 2018 selain instalasi keselamatan kebakaran, dan peralatan pemadam kebakaran.

Rozihan mengatakan JBPM Kuala Lumpur bekerja sama dengan Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) untuk mempersiapkan pemasangan EVCS di ibu kota guna mengurangi risiko kebakaran.

Ia mengatakan, pemasangan EVSC tidak hanya mencakup area komersial dan perkantoran, namun pemasangan di rumah-rumah pribadi nantinya akan dikelola oleh timnya.

“Soal mobil EV artinya JBPM dan DBKL harus hati-hati karena penyerahan proyeknya dilakukan oleh DBKL, jadi kita lihat secara luas. Kita tahu pemerintah umum ingin membangun 10.000 EVCS, jadi kita ambil. tindakan,” kata Anwar.

happy Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik
Happy
0 %
sad Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik
Sad
0 %
excited Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik
Excited
0 %
sleepy Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik
Sleepy
0 %
angry Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik
Angry
0 %
surprise Malaysia Pastikan Belum Ada Negara yang Bisa Padamkan Baterai Mobil Listrik
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D