Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal

0 0
Read Time:1 Minute, 7 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Institut Pangan, Gizi dan Kesehatan Institut Agricole Bogor (IPB) Med Astawan mengatakan tempe yang terbuat dari fermentasi kedelai ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tempe mengandung berbagai senyawa bioaktif, nutrisi, dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

 

“Tempe merupakan satu-satunya protein nabati yang kualitas proteinnya sama dengan protein hewani,” ujarnya pada Workshop Otak di Jakarta, Selasa (26/3/2024) dan Ekstraksi Tempe.

 

Tempe memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan kedelai karena telah melalui berbagai proses produksi seperti fermentasi dan fermentasi. Faktanya, produksi vitamin meningkat pada tempe.

Yang lebih mengejutkan lagi, kata Mead, adalah munculnya zat bioaktif yang sebelumnya tidak ada pada kedelai. Kalau di kedelai kandungannya hanya sedikit, tapi di dalam kubur akan banyak.

“Itulah manfaat bioaktif,” kata Mead.

 

Setiap 100 gram olahan kedelai mengandung 46,5 gram protein, 254 miligram kalsium, 0,15 miligram riboflavin, 0,67 miligram niasin, dan 0,08 miligram piridoksin. Kemudian tersedia 0,15 mikrogram vitamin B12 dan 34 mikrogram biotin.

Sedangkan setiap 100 gram tempe mengandung 50,5 gram protein, 347 miligram kalsium, 0,85 miligram riboflavin, dan 4,35 miligram niasin. Ada juga 0,47 miligram piridoksin, 5 mikrogram vitamin B12, dan 71 mikrogram biotin.

 

“Vitamin B12 biasanya berasal dari sumber hewani, jadi thyme adalah satu-satunya makanan nabati yang kaya vitamin B12. Mikroba terlibat dalam produksi vitamin B12,” kata Mead.

happy Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal
Happy
0 %
sad Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal
Sad
0 %
excited Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal
Excited
0 %
sleepy Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal
Sleepy
0 %
angry Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal
Angry
0 %
surprise Tempe Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Alternatif Saat Daging Mahal
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D