5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi

0 0
Read Time:2 Minute, 26 Second

gospelangolano.com, Jakarta Perubahan iklim dan permasalahan lingkungan bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kebiasaan makan yang salah.

Seni makan enak atau ilmu makanan disebut juga gastronomi. Tak hanya enak dan menyehatkan, gastronomi kini juga harus memperhatikan nilai-nilai berkelanjutan.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Gastronomi Society (IGC) Dr. Ray Wagiu Basrowi. Menurutnya, gastronomi berkelanjutan merupakan pendekatan gastronomi yang mengutamakan keseimbangan antara kebutuhan kuliner dengan kelestarian lingkungan, kesejahteraan sosial, dan keberlanjutan ekonomi.

“Diantaranya dengan menggunakan bahan pangan yang diproduksi dengan cara ramah lingkungan, mendukung petani dan produsen lokal, serta meminimalkan sampah pangan dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak,” kata Ray dalam festival pangan berkelanjutan di Jakarta Selatan, Selasa, Juni. 18 2024.

Ilmuwan kedokteran komunitas ini menambahkan, setidaknya ada lima prinsip gastronomi berkelanjutan, yaitu: Sumber bahan

Prioritaskan bahan-bahan yang diproduksi secara lokal dan musiman untuk mengurangi jejak karbon Anda dan mendukung perekonomian lokal. Teknik Manufaktur

Penggunaan metode produksi dan penyiapan pangan yang ramah lingkungan, seperti pertanian organik dan metode memasak tradisional yang hemat energi. Kesejahteraan sosial

Memastikan seluruh rantai pasokan pangan adil dan mendukung kesejahteraan seluruh pemangku kepentingan, termasuk petani, nelayan, dan pemilik restoran. Pengelolaan sampah

Mengurangi sampah makanan dengan memanfaatkan seluruh bagian makanan, membuat kompos, dan mendaur ulang. Kesehatan konsumen

Menyediakan pangan yang sehat dan bergizi untuk menunjang kesehatan konsumen.

Ray menambahkan, di Indonesia sudah ada beberapa contoh metode memasak berkelanjutan, seperti: Pertanian organik di Bali Program “Urban Farming” di Jakarta Festival makanan tradisional di Yogyakarta Pengenalan sarapan Tinutuan (bubur Manado) di Minahasa, Sulawesi Utara Membawa ide makanan untuk hidup di candi Borobudur Bantuan melalui kegiatan : Gastronosia.

Gastronomi berkelanjutan sangat penting untuk diterapkan di Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan sampah makanan tertinggi di dunia.

“Indonesia merupakan penyumbang sampah makanan terbesar di dunia, salah satu dari 3 besar. Ini peringkat yang sungguh tidak bisa dibanggakan. “Tetapi karena itulah IGC ingin mengajak masyarakat untuk pintar memasak,” jelas Ray.

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui United Nations Environment Programme (UNEP) 2022, Indonesia menghasilkan 20,93 juta ton sampah makanan setiap tahunnya.

Hal ini menyebabkan potensi kerugian negara mencapai Rp 213 triliun per tahun atau setara dengan 4% PDB Indonesia.

Ray juga menjelaskan bahwa sumber sampah makanan terbesar di Indonesia berasal dari beberapa sektor seperti: Sektor restoran. Industri makanan dan makanan. Keramahan.

“Dan yang terpenting adalah sisa makanan rumah tangga atau rumah tangga. “Data ini berasal dari literatur yang dikumpulkan dari berbagai sumber,” kata Ray.

Dengan kata lain, jika masyarakat tidak menghabiskan makanannya meski dalam jumlah kecil, maka orang-orang tersebut ikut menyumbang sampah makanan dan menyumbang kerugian ratusan triliun kepada pemerintah.

“Jika masih ada makanan yang tersisa, bahkan satu cabai pun yang tidak kita habiskan, itu adalah sisa makanan. Ini menyumbang 20 juta ton sampah, yang sebagian besar berasal dari sumber domestik, dari makanan kita sehari-hari.”

Oleh karena itu, Ray mengajak masyarakat untuk bijak dalam menyiapkan makanan dengan cara: mengurangi sampah makanan, mengutamakan pangan lokal (local food), menerapkan pola makan yang sehat dan berkelanjutan (Concious and Sustainable Eating).

happy 5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi
Happy
0 %
sad 5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi
Sad
0 %
excited 5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi
Excited
0 %
sleepy 5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi
Sleepy
0 %
angry 5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi
Angry
0 %
surprise 5 Prinsip Utama Gastronomi Berkelanjutan, Cegah Sampah Makanan dan Upaya Jaga Bumi
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D