Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir

0 0
Read Time:2 Minute, 6 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Merawat bayi yang baru lahir memang membutuhkan perhatian yang maksimal sebagai orang tua. Hal ini dapat membuat anak Anda yang lebih besar merasa diabaikan dan cemburu.

Saat kakaknya mencoba berkomunikasi dengan adiknya dengan cara yang familiar, seperti menyelimuti anak dan bermain petak umpet, mereka menyadari bahwa hal ini mungkin berbahaya bagi adiknya. Orang yang khawatir akan cepat mengkritik dan bahkan melecehkan kakak dan adiknya.

Rasa cemburu yang wajar ini bermula dari rasa takut kehilangan atau tidak menerima kasih sayang atau perhatian dari Anda sebagai orang tua. Jadi bagaimana Anda menghadapinya? Berikut beberapa tips menghadapi kakak yang iri dengan bayi baru lahir Anda, dilansir Berrywell Family pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Ajari kakak bagaimana berinteraksi dengan saudara baru. Bicaralah padanya, tunjukkan padanya, bimbing dia dengan lembut. Jika Anda melihat seorang anak akan melakukan kekerasan, pegang anak tersebut dan alihkan perhatian kakaknya dengan mainan, permainan, atau makanan ringan. ​Ini akan melindungi anak Anda dan menghindari rentetan kata “tidak” yang terus-menerus dari kakak laki-lakinya, yang dapat mendorong perilaku agresif.

Anak-anak belajar dari pengalaman. Anak-anak yang lebih besar akan memperhatikan cara Anda memperlakukan anak bungsu Anda dan belajar dari tindakan Anda. Anda adalah guru terpenting bagi anak Anda. Jadi tolong beritahu saya bagaimana bersikap lembut terhadap bayi. Dengan begitu bayi Anda akan memperhatikan dan belajar dari Anda.

Pahami dan validasi emosi anak Anda, yang mungkin tidak diungkapkan dengan jelas, seperti rasa tidak nyaman atau kebingungan saat Anda baru memiliki bayi di rumah. Pastikan anak Anda memahami bahwa segala sesuatunya berubah ketika bayi lahir, dan bahwa setiap orang memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri.

Dengan memahami perasaan anak, anak akan merasa didengarkan dan tidak perlu bertindak untuk mendapatkan perhatian Anda. Katakan padanya Anda mencintainya, beri dia lebih banyak pelukan setiap hari, dan luangkan waktu untuk membaca buku atau bermain game.

Perubahan perilaku bermasalah adalah hal yang normal dan dapat diatasi dengan meluangkan waktu dan perhatian ekstra untuk memahami perasaannya.

Dikutip dari Mama Junction, rasa cemburu pada anak biasanya terjadi ketika cinta dan kasih sayang orang tua terpecah di hadapan adiknya. Untuk mengatasi kecemburuan ini, Anda harus berhenti membandingkan anak Anda.

Membandingkan hanya akan menimbulkan kecemburuan, persaingan, dan hilangnya kepercayaan diri. Ini adalah masa penyesuaian bagi seluruh keluarga, jadi tarik napas dalam-dalam dan tenangkan diri. Minimalkan aktivitas Anda di luar rumah selama periode ini dan fokuslah pada anak-anak Anda.

Beri tahu saudaramu bahwa berapa pun usianya, kamu akan selalu mencintai dan menghargainya. Manfaatkan setiap kesempatan untuk mengingatkan mereka bahwa mereka dicintai dan menjadi bagian keluarga Anda yang berharga.

happy Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir
Happy
0 %
sad Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir
Sad
0 %
excited Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir
Excited
0 %
sleepy Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir
Sleepy
0 %
angry Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir
Angry
0 %
surprise Jangan Cepat Marah, Ini 3 Cara Hadapi Kakak Cemburu dengan Adik Bayi Baru Lahir
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D