Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?

0 0
Read Time:1 Minute, 50 Second

gospelangolano.com – Misteri gagal ginjal akut pada anak menjadi perhatian serius Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Apa saja gejala utama yang harus diwaspadai?

Plt. Direktur Rujukan Pelayanan Kesehatan dr. Ianti Herman, MH. Kess mengatakan para orang tua diminta waspada jika anaknya mengalami gejala seperti diare, mual, muntah, demam 3 hingga 5 hari, batuk, pilek, sering mengantuk, dan jumlah urine atau urine berkurang, atau bahkan bisa. ‘T. untuk buang air kecil sama sekali.

Penyebab gangguan ginjal akut ini tidak diketahui, namun cenderung menyerang anak-anak berusia antara 1 hingga 5 tahun. Namun, dalam dua bulan terakhir, tercatat kasus misterius gagal ginjal akut pada anak usia 6 bulan hingga 18 tahun. Gagal ginjal akut pada anak (Getty Images)

“Orang tua harus selalu waspada, terus pantau kesehatan anak kita.” “Jika seorang anak mempunyai masalah yang berujung pada gagal ginjal akut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan, jangan menunda atau mencari pengobatan sendiri,” kata dr. Janti dalam keterangannya, Selasa (18 Oktober 2022).

Selain gejala fisik, gejala yang perlu diwaspadai adalah frekuensi anak buang air kecil, bila anak tidak buang air kecil selama 6-8 jam pada siang hari, sebaiknya anak juga dibawa ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit.

Termasuk juga jika warna urine menjadi gelap, coklat atau bahkan kemerahan, ini pertanda serius.

Kemudian pastikan jika anak Anda sakit, tubuhnya membutuhkan cairan yang cukup dengan minum air putih.

Penyebab gagal ginjal akut pada anak hingga saat ini belum diketahui secara pasti, oleh karena itu pemerintah bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membentuk tim yang kompeten. observasi dan penelitian kasus gagal ginjal akut pada anak.

Berdasarkan data yang ada, gejala yang muncul di awal berkaitan dengan infeksi saluran cerna yang utama, oleh karena itu Kementerian Kesehatan mengimbau para orang tua sebagai upaya preventif untuk terus menjalani pola hidup bersih dan sehat, jelasnya. Ph.D. Ianti.

Terakhir, pastikan Anda tetap mencuci tangan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak ngemil sembarangan, minum air matang, dan pastikan vaksinasi anak Anda rutin dan terkini.

Oleh karena itu, kami menghimbau kepada dinas kesehatan, rumah sakit, dan pintu masuk di tanah air untuk segera melaporkan jika terdapat tanda-tanda kasus yang mengarah pada gagal ginjal akut atau penyakit lain yang dapat memicu wabah, pungkas dr. Ianti

happy Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?
Happy
0 %
sad Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?
Sad
0 %
excited Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?
Excited
0 %
sleepy Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?
Sleepy
0 %
angry Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?
Angry
0 %
surprise Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D