Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia

0 0
Read Time:2 Minute, 22 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Produk suplemen kesehatan asal Jepang Benikoji Cholesterol Help yang diklaim bisa mengatasi kolesterol justru membawa petaka bagi penggunanya.

Dalam seminggu, lima orang dilaporkan meninggal di Jepang setelah mengonsumsi suplemen tersebut. Sedangkan hingga Jumat (29/3/2024), lebih dari 100 orang dirawat di rumah sakit tersebut.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Sabtu (30/3/2024) menyebutkan obat tersebut merupakan produk Kobayashi Pharmaceutical Company. Sebuah perusahaan farmasi yang berbasis di Osaka, Jepang.

Perusahaan mendapat kecaman karena tidak segera mengumumkan masalah yang ditemukan secara internal pada awal Januari. Dan itu baru diumumkan secara publik pada 22 Maret.

Banyak laporan kematian akibat suplemen makanan Jepang sampai ke Indonesia. Apalagi menjelang lebaran, masyarakat kerap mencari obat untuk mengontrol kolesterol.

Hal itu pun mendapat tanggapan dari Plt Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia. Menurut dia, suplemen tersebut belum masuk ke Indonesia.

“Sejauh ini belum ditemukan apa pun yang beredar. “(Untuk ekspektasi) sama saja, pengawasan di pintu masuk seperti pangan impor,” kata Lucia saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Jika ada masyarakat Indonesia yang membelinya di luar negeri untuk digunakan sendiri, Lucia mengimbau agar tidak mengonsumsi obat yang mengandung benicoji.

“Jangan mengambilnya sampai Anda menemukan tes lain,” katanya.

Produk Benicozi sendiri tidak hanya tersedia dalam bentuk suplemen makanan saja melainkan banyak produk turunannya seperti rempah-rempah dan produk lainnya.

BPOM menyatakan suplemen dan turunannya tidak ada di Indonesia.

Sementara itu, pemantauan dan pengawasan secara berkala tetap dilakukan terutama pada pintu masuk barang yang berasal dari luar negeri seperti pelabuhan.

“Belum,” kata Lucia.

Sebelumnya, pejabat di perusahaan obat Kobayashi Pharmaceutical Co. mengatakan 114 orang dirawat di rumah sakit setelah mengonsumsi produk termasuk obat penurun kolesterol Benikoji Choleste Help.

Seperti namanya, Benicozi Cholesterol Aid mengandung bahan bernama Benicozi, sejenis jamur merah. Awal pekan ini, jumlah korban tewas dilaporkan bertambah dua orang.

Meski beberapa orang mengalami masalah ginjal setelah mengonsumsi suplemen, penyebab sebenarnya masih diselidiki dengan keterlibatan laboratorium pemerintah.

“Kami sangat menyesal,” kata Akihiro Kobayashi, presiden Kobayashi Pharmaceutical Co. Pada Jumat (29/3) usai membungkuk kepada wartawan, tiga petinggi perusahaan lainnya menegaskan mereka harus meminta maaf sejak lama, mengutip Global gospelangolano.com.

Akihiro Kobayashi menyampaikan belasungkawa kepada para korban meninggal dan sakit, serta keluarga mereka.

Meminta maaf atas permasalahan yang dialami oleh seluruh industri makanan kesehatan dan profesi medis, ia mengatakan bahwa perusahaan berupaya untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

Produk-produk perusahaan, termasuk pasta miso, kue kering dan saus cuka serta puluhan produk lain yang mengandung Benicoji, sedang ditarik kembali.

Kementerian Kesehatan Jepang kemudian memuat daftar semua produk yang ditarik kembali di situs resminya, termasuk banyak produk yang menggunakan benicoji sebagai pewarna makanan.

Kementerian telah memperingatkan bahwa jumlah korban tewas mungkin akan meningkat lebih lanjut. Suplemen dapat dibeli di toko obat tanpa resep dokter, dan beberapa mungkin telah dibeli atau diekspor sebelum penarikan kembali. Termasuk wisatawan yang mungkin belum sadar akan risiko kesehatannya.

happy Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia
Happy
0 %
sad Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia
Sad
0 %
excited Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia
Excited
0 %
sleepy Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia
Sleepy
0 %
angry Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia
Angry
0 %
surprise Suplemen Jepang Sebabkan 5 Orang Meninggal, BPOM Sebut Produk Mengandung Benikoji Belum Masuk Indonesia
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D