Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Sebagian orang mungkin mengalami sakit maag atau ingin buang air besar setelah minum kopi di pagi hari. Apa sebenarnya alasannya? Hal ini nampaknya karena kandungan kafein pada kopi berpengaruh terhadap pergerakan usus.

Istilah motilitas gastrointestinal mengacu pada kontraksi dan kontraksi otot-otot di lambung atau saluran pencernaan. Namun, ahli bedah kolorektal Sulaiman bin Yusuf dari Colorectal Clinic Associates di Singapura mengatakan efek ini tidak selalu terjadi.

Menariknya, fenomena ini (buang air besar setelah minum kopi) hanya terjadi pada 30 persen, kata Sulaiman seperti dikutip laman Channel News Asia, Selasa (7/5/2024).

Bagi yang mengalaminya, sensasi tersebut biasanya muncul empat hingga 30 menit setelah minum kopi. Hal ini juga tergantung pada keadaan individu dan jenis peminum kopi, serta jenis kopi dan biji kopi.

Mengapa hal ini biasanya terjadi pada pagi hari? Hal ini karena jam sibuk usus besar biasanya adalah pada pagi hari.

Aktivitas usus besar dan kadar kortisol secara alami lebih tinggi, membuat usus lebih responsif terhadap kopi. Bukan hanya kandungan kafeinnya saja yang merangsang buang air besar, kopi juga mengandung zat lain, antara lain asam klorogenat, asam sitrat, asam asetat, flavonoid, dan tanin.

“Ada penelitian yang menyebutkan rasa pahit pada kopi sendiri berperan dalam merangsang lambung,” kata Solomon.

Senyawa lain dalam kopi, seperti susu dan gula, juga berkontribusi terhadap rasa tidak enak di perut setelah minum kopi. Mengonsumsi gula dapat merangsang pelepasan insulin dan melancarkan buang air besar pada beberapa orang, dan individu yang tidak toleran laktosa mungkin merespons susu.

Selain itu, laktosa dan gula dalam susu diklasifikasikan sebagai oligosakarida yang dapat difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol. Zat tersebut dapat menimbulkan gejala seperti gas, kembung, dan perubahan kebiasaan buang air besar.

happy Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?
Happy
0 %
sad Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?
Sad
0 %
excited Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?
Excited
0 %
sleepy Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?
Sleepy
0 %
angry Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?
Angry
0 %
surprise Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D