Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?

0 0
Read Time:1 Minute, 7 Second

gospelangolano.com – Saat mengalami diare, cairan oralit seringkali menjadi pengobatan andalan. Namun jika diare yang Anda alami cukup parah, ternyata mengonsumsi oralit justru kurang efektif. 

Dokter spesialis penyakit dalam prof. Dr. Zubairi Jurban, Sp.P.D., menjelaskan diare akut jika frekuensi buang air besar lebih dari sepuluh kali sehari. 

“Kalau ke kamar mandi lebih dari 10 kali sehari dan ingin buang air besar lagi, itu diare serius yang menyebabkan keluarnya banyak cairan. Jadi kalau pakai oralit tidak akan bisa menjangkau cairan yang sudah keluar,” jelas Prof. Zubair. dikutip dari tulisannya di akun Twitter pribadinya, Selasa (18/10/2022).

Ia menyarankan, untuk diare berat sebaiknya kombinasi dua obat. Obat untuk mengatasi dehidrasi, misalnya cairan oralit atau yang lainnya. Obat lain untuk mengatasi penyebab diare. Ilustrasi diare. (Pixabay)

Jika melibatkan diare parah, Prof. Zubairi mengatakan kemungkinan besar penyebabnya adalah infeksi bakteri. 

“Menurut saya, antibiotik adalah obat yang lebih tepat. “Apakah itu ciprofloxacin atau yang lainnya, itu terserah Anda,” sarannya.

Jika Anda khawatir obat ciprofloxacin akan menyebabkan maag kambuh, ia menyarankan untuk mengombinasikannya dengan obat maag yang biasa Anda konsumsi. Bisa jadi omeprazole atau pantoprazole atau semacamnya. 

Atau bisa juga dikombinasikan dengan sukralfat atau obat cair seperti sukralfat.

Namun, pada kasus diare yang luar biasa besar, terkadang ada masalah pada ginjal. Dalam hal ini, penggunaan Sucralfate atau Impesa dianjurkan. Milanta atau Polysilano sebaiknya dihindari, saran Prof. Zubair. 

happy Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?
Happy
0 %
sad Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?
Sad
0 %
excited Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?
Excited
0 %
sleepy Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?
Sleepy
0 %
angry Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?
Angry
0 %
surprise Diare Berat Tidak Cukup Hanya Diobati dengan Oralit, Kenapa?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D