Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi

0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

JAKARTA – Setelah satu tahun beroperasi, Indibiz optimis layanan digitalnya dapat memberikan dampak besar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha milik Telkom Indonesia. Mereka memiliki ekosistem bisnis bernama “Island” yang meliputi Indibiz School Island, Indibiz Shophouse, Indibiz Hotel, Indibiz Multifinance, Indibiz Health, Indibiz Energy dan Indibiz Expeditions.

Indibiz mengklaim berhasil meraih pertumbuhan pendapatan 17% YoY di segmen UKM Telkom. HUT Telkom yang ke 59 juta bertepatan dengan 1 tahun HUT Indibiz.

Mereka tidak memberikan angka pendapatan secara spesifik. Namun disebut-sebut memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan Telkom. “Kontribusi terbesar datang dari segmen B2B, khususnya para pelaku UMKM di daerah,” demikian keterangan resmi mereka.

Namun Indibiz sendiri tidak hanya fokus pada UMKM saja. Mereka juga menjalin kerja sama strategis dengan berbagai organisasi. Misalnya saja kerja sama dengan lembaga keuangan untuk solusi keuangan, serta kerja sama dengan dunia usaha untuk meningkatkan kinerja usaha.

Mereka juga berkolaborasi dengan lembaga pendidikan untuk mendigitalkan proses pembelajaran dan administrasi. Untuk tahun kedua, mereka terus meningkatkan keuntungan. Moka mencakup kemitraan dengan berbagai perusahaan seperti Microsoft dan Google.

Kesadaran digital UMKM semakin berkembang. Optimisme Indibiz adalah jumlah usaha kecil dan menengah di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Diketahui pada akhir tahun 2023, jumlah UMKM di Indonesia diperkirakan mencapai kurang lebih 65 juta unit.

UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, mempekerjakan sekitar 97 persen angkatan kerja dan menyumbang 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Kesadaran pengusaha terhadap transisi ke mode digital semakin meningkat setiap tahunnya. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga akhir tahun 2023, sekitar 30% dari seluruh UKM di Indonesia telah terdigitalisasi.

Ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Badan Pusat Statistik (BPS) juga mengungkapkan dalam laporan terbarunya bahwa UKM yang terhubung dengan platform digital mengalami peningkatan pendapatan sebesar 26% dibandingkan UKM non-digital.

Hingga saat ini, Indibiz mengklaim telah melayani ribuan pelanggan di berbagai sektor termasuk pendidikan, kesehatan, perhotelan, dan ritel.

Selain itu, Indibiz juga bermitra dengan berbagai startup dan pengembang teknologi untuk memperkuat ekosistem digitalnya.

happy Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi
Happy
0 %
sad Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi
Sad
0 %
excited Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi
Excited
0 %
sleepy Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi
Sleepy
0 %
angry Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi
Angry
0 %
surprise Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik UMKM yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D