Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?

0 0
Read Time:3 Minute, 2 Second

gospelangolano.com, Jakarta Kasus kekerasan terhadap anak di taman kanak-kanak di Depok, Jawa Barat, belakangan menjadi perbincangan hangat.

Penganiayaan tersebut diduga dilakukan oleh pemilik taman kanak-kanak, Meita Irianthi, seorang influencer ternama dalam urusan membesarkan anak.

Tempat penitipan anak yang seharusnya menjadi tempat aman bagi anak dan orang tua berpengaruh yang seharusnya memahami cara memperlakukan anak, justru menempatkan anak pada risiko. Tersangka diketahui sedang hamil saat menganiaya anak di dalam tahanan.

Hal ini menimbulkan pertanyaan: Mengapa seorang pengasuh mempunyai nyali untuk menyakiti anak kecil, meskipun ia sedang hamil?

Dalam konteks ini, pakar pemulihan trauma Cesarro Ray Abichur berbicara tentang penculikan amigdala atau penculikan pikiran-tubuh.

“Fenomena ini dikenal sebagai pembajakan amigdala, sebuah proses di mana alam bawah sadar mengambil alih seluruh fungsi sadar, rasional, dan berpikir seseorang. “Hal ini sering terjadi ketika ibu sedang hamil dan perubahan hormonal bisa berdampak besar,” kata pria yang akrab disapa Reo itu dalam keterangan pers, Sabtu (8/3/2024).

Ditambah lagi dengan masalah fisiologis yang terakumulasi, terutama jika mereka memiliki beban emosional dari masa lalu yang tersimpan di dalam tubuh mereka, tambah Reo.

Terkadang kita tidak menyadari beban ini dan lama kelamaan menumpuk yang akhirnya menjadi besar jika tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya.

Pencipta Teknik Penghilang Stres ini menambahkan, hingga saat ini masyarakat selalu diajarkan untuk mengontrol, mengubur, mengurangi dan menyimpan segala beban hidup, lalu move on dan menjalaninya.

“Namun, beban ini sebenarnya bisa terakumulasi dalam sistem fisiologis kita. Sistem saraf ini menyimpan beban yang siap muncul kapan saja. Inilah sebabnya mengapa seseorang mungkin tiba-tiba mengalami kemarahan yang tidak dapat dikendalikan oleh pikirannya.”

Masa-masa seperti itu juga bisa memicu burnout akibat kelelahan kerja atau kebencian terhadap orang lain, yang diturunkan kepada anak.

Misalnya, rasa kesal terhadap pasangan yang membebani di rumah tidak bisa disalurkan karena berbagai alasan. Namun, pada anak-anak yang mungkin tidak dapat merespons karena mereka kurang memiliki kekuasaan, orang sering kali menggunakan kekerasan tersebut untuk mengungkapkan rasa frustrasinya.

Dari kejadian tersebut, Reo mengimbau masyarakat belajar memonitor stres pada tubuh untuk mencegah hal seperti itu terjadi.

Beban emosional jangka panjang bisa meledak kapan saja dan merugikan orang lain atau menghancurkan karier Anda untuk waktu yang lama. Misalnya, pemukulan Chris Rock di depan umum oleh Will Smith menunjukkan bagaimana stres dan stres dapat menyebabkan reaksi kekerasan yang tidak terkendali.

“Saya tekankan bahwa penting untuk belajar melepaskan beban emosional, dan tidak sekadar mengendalikannya. “Jangan terus-menerus memikul beban ini dan teruslah hidup seolah-olah tidak terjadi apa-apa karena bisa meledak dan menghancurkan hidup Anda,” kata Reo.

Seorang terapis fobia menyarankan jika seorang ibu sedang hamil dan rentan mengalami fenomena baby blues, sebaiknya segera mencari bantuan profesional. Pasalnya, saat seorang ibu mengalami baby blues, ia semakin marah atau ingin mencelakakan bayinya.

Bantuan atau kerja sama dari orang lain yang peduli akan sangat membantu mereka.

“Mengurangi aktivitas berlebihan yang dapat menyebabkan kelelahan juga akan memberikan ketenangan pikiran, yang pada akhirnya akan membantu anak tumbuh lebih baik.”

Hindari aktivitas yang terlalu membebani untuk mencegah stres terpendam melonjak di hati Anda.

“Saya berharap tidak akan ada lagi kejadian seperti ini di masa depan yang dapat membahayakan anak-anak yang tidak berdaya.”

Penting bagi pengelola layanan keperawatan untuk meningkatkan prosedur operasi standar (SOP) dan staf yang kompeten di bidang ini. Dan dia memiliki sertifikat khusus. Akan sangat membantu jika kita mengikuti kelas atau layanan kesehatan jiwa sejak dini sebelum timbul masalah, terutama bagi para ibu atau yang baru saja menikah.

Bimbingan yang baik pada saat proses persalinan dan melahirkan dapat mencegah masalah tersebut pada ibu. Dukungan sosial dari orang lain, serta komunitas kehamilan dan jaringan pertemanan Anda, dapat membantu Anda dengan memberikan perspektif berbeda dan nasihat praktis dalam kehidupan sehari-hari.

happy Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?
Happy
0 %
sad Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?
Sad
0 %
excited Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?
Excited
0 %
sleepy Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?
Sleepy
0 %
angry Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?
Angry
0 %
surprise Ramai soal Kekerasan pada Anak di Daycare Depok, Pakar Sebut soal Amigdala Hijack, Apa Itu?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D