Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!

0 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

gospelangolano.com – Tempe tidak hanya kaya protein, tapi juga merupakan makanan fermentasi yang baik untuk mencegah stunting pada anak. Fungsinya untuk merangsang bakteri baik pada sistem pencernaan bayi agar jumlahnya tinggi.

Oleh karena itu diharapkan dapat membantu perkembangan kognitif otak selanjutnya.

“Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknologi genome sequencing pada anak stunting yang diperiksa sel pencernaannya. Pada dasarnya ternyata anak stunting juga mengalami penurunan bakteri baik di saluran pencernaannya. Jadi bakteri baik tersebut mungkin tidak memperlancar perkembangan kognitifnya,” Ilmu Kedokteran Danone menjelaskan. Direktur Indonesia Dr. Dr. Ray Basarowi, MKK, pada konferensi pers Indonesia Gastronomy Community (IGC) di Jakarta, Senin (17/10/2022). Perkembangan otak anak, gambaran anak tunagrahita. (Elemen Envato)

Inilah sebabnya mengapa ada dua masalah utama yang terlihat pada anak-anak dengan stunting. Artinya, tubuh memendek akibat pertumbuhan fisik yang kurang dan otak yang tidak berkembang.

“Karena kemacetan, otak tidak bisa mendapatkan makanan. Dan bakteri baik di sistem pencernaan tidak bisa mengirimkan sinyal ke otak. Jadi kemacetannya semakin parah,” imbuhnya.

Makanan fermentasi seperti tempe, lanjutnya, bermanfaat untuk meningkatkan perkembangbiakan bakteri baik di saluran pencernaan.

“Jadi bakteri baik dalam jumlah besar bisa mendapat makanan, berkembang biak, sehingga bisa berkoloni untuk melepaskan zat aktif yang bisa digunakan otak. Tempe bagus karena selain prebiotik bisa difermentasi dan dijadikan probiotik,” tambah Dr. .

Namun, Dr. Ray mengingatkan kita untuk tidak terlalu sering menggoreng tempe karena dapat mengurangi bahkan menghilangkan nutrisi yang dikandungnya. Ia menyarankan, saat disajikan tempe bisa dimasak dengan cara direbus atau dibuat besame.

“Kita perlu mengedukasi masyarakat untuk tidak menggoreng semuanya. Membuat tempe besem juga bagus karena prebiotik dan probiotik katanya penting,” ujarnya.

Meski angka prevalensi stunting di Indonesia menurun dari 26,92 persen pada tahun 2020 menjadi 24,4 persen pada tahun 2021, namun angka tersebut masih tergolong tinggi dibandingkan standar WHO yang tidak lebih dari 20 persen.

Pemerintah menargetkan penurunan angka stunting di Indonesia menjadi 14 persen pada tahun 2024.

happy Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!
Happy
0 %
sad Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!
Sad
0 %
excited Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!
Excited
0 %
sleepy Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!
Sleepy
0 %
angry Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!
Angry
0 %
surprise Bukan Cuma Kaya Protein, Tempe Juga Sumber Prebiotik dan Probiotik yang Bisa Cegah Anak Stunting Loh!
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D