Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara

0 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan jika pemerintah berhasil menguasai 61 persen saham PT Freeport Indonesia, maka 80 persen pendapatan Freeport akan masuk ke dalam negeri. Jokowi menyatakan, saat ini ia memiliki 51 persen saham PT Freeport dan sebanyak 70 persen pendapatan Freeport masuk ke negara. Sebelumnya, Indonesia hanya menguasai 9 persen saham PT Freeport Indonesia.

“Sekarang mayoritas 51 persen, artinya Freeport bukan lagi milik Amerika, tapi milik Indonesia, dan milik negara kita. Jangan berangan-angan bahwa ini adalah Amerika Serikat, ini adalah Indonesia. Kami akan segera meningkatkannya menjadi 61 persen. Saat ini, 70 persen pendapatan Freeport masuk ke dalam negeri. Benar. “Kita naikkan 61 persen, nanti 80 persennya masuk ke dalam negeri,” kata Jokowi pada Kongres HIKMAHBUDHI ke-12 2024 di Jakarta Utara, Kamis (28 Maret 2024).

Meski demikian, diakui Jokowi, tantangan yang dihadapi dalam pengambilalihan mayoritas saham PT Freeport tidaklah mudah. Selain itu juga memerlukan keberanian dan keberanian.

Namun ia terkejut karena pihak Indonesia tidak memberikan dukungan. Bahkan, sejumlah pihak mengkritik upaya pemerintah tersebut.

Jokowi pun menyatakan, meski mendapat hujatan dan hinaan, ia akan tetap berupaya mengakuisisi saham PT Freeport Indonesia.

“Kadang saya, kadang begitu di negara kita, tidak ada yang mendukung dan diam, bahkan ada yang mem-bully dia. Tapi saya sudah terbiasa dihina, difitnah, dihina, dicemooh, saya move on saja. Kalau menurut saya benar, saya jalani saja,” ujarnya.

Jokowi menargetkan proses negosiasi saham di PT Freeport Indonesia selesai paling lambat Juni 2024. Namun, pertama-tama, pemerintah akan menyelesaikan pengerjaan regulasinya.

“Regulasinya ditetapkan dulu, baru perundingan bisa segera diselesaikan. Tapi menurutku, tujuanku hanya di bulan Juni. Secepat mungkin. Kalau bisa secepatnya, paling lambat bulan Juni,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, kepemilikan pemerintah atas 61 persen saham PT Freeport Indonesia masih dalam tahap negosiasi. Selain itu, pemerintah terus berupaya membuat regulasi.

Namun, Jokowi yakin pemerintah bisa memperoleh 61 persen. Saham PT Freeport Indonesia. “Kami masih dalam proses negosiasi dan penyusunan regulasi. Namun saya yakin jumlah tersebut bisa kita capai,” kata Jokowi.

Diakui Jokowi, negosiasi terkait saham PT Freeport Indonesia sulit dan memakan waktu. “Ya, sudah lama sekali sejak perundingan. Itu sulit, sangat sulit,” katanya.

happy Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara
Happy
0 %
sad Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara
Sad
0 %
excited Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara
Excited
0 %
sleepy Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara
Sleepy
0 %
angry Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara
Angry
0 %
surprise Jokowi Ingin Tambah Kepemilikan Saham RI di Freeport, Ini Proyeksi Pendapatan Negara
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D