Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan

0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second

gospelangolano.com yang merupakan Hari Peduli Sampah Nasional di Jakarta. Dirayakan setiap tanggal 21 Februari, merupakan saat yang penting bagi masyarakat Indonesia. Selain pertumbuhan populasi dan aktivitas manusia, jumlah sampah terus bertambah dan masih menjadi permasalahan utama bagi tatanan kehidupan di Bumi. Tidak hanya akan mengganggu kesehatan manusia. tetapi juga mempengaruhi ekosistem.

Laporan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2023 Hasil dari 127 instansi/kota di seluruh Indonesia pada tahun 2023 menunjukkan bahwa akumulasi sampah di tanah air akan mencapai 17.441.415,28 ton per tahun

Dari total sampah yang terkumpul, terdapat 66,47% sampah yang dapat dikelola yaitu sebesar 11.593.192,83 ton per tahun, sedangkan sisa sampah yang tidak dapat dikelola sebesar 33,53% yaitu sebesar 5.848.222,45 ton per tahun. Penting sekali bagi kita semua untuk memahami betapa pentingnya mengurangi sampah?

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2024, berbagai kegiatan dipersiapkan oleh pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan. Untuk meningkatkan kesadaran akan permasalahan sampah di tanah air, partisipasi masyarakat dalam kegiatan tersebut. Harapannya, kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah semakin meningkat. serta mendorong partisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan

Di bawah ini ada beberapa kegiatan menarik. Hal ini bisa dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. dan bagaimana hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan tindakan pembersihan lingkungan, seperti membersihkan pantai, sungai, dan ruang publik lainnya. Kami bisa memungut sampah yang berserakan di pantai dan membuangnya ke pantai. Dengan cara yang sama Saat membersihkan p Kita bisa mengumpulkan sampah yang mengapung di permukaan sungai dan membuangnya.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan memilih bahan yang ramah lingkungan. Dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, kita dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan memperbaiki lingkungan secara keseluruhan. 2. Masyarakat mempunyai kepedulian terhadap pengolahan sampah.

Manfaat dari daur ulang sampah sangat besar. Selain mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, daur ulang juga membantu melestarikan sumber daya alam yang terbatas. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam praktik daur ulang sampah. Oleh karena itu, pemberian pengetahuan dan akses sangatlah penting. Masyarakat harus memahami pentingnya daur ulang sampah dan mengelolanya dengan baik. Pemerintah dan organisasi lingkungan hidup dapat melakukan penjangkauan melalui kampanye dan program pendidikan di sekolah dan masyarakat.

Daur ulang tidak hanya membantu menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Tapi itu juga menghasilkan beberapa ide kreatif yang menarik. Banyak bahan daur ulang seperti kertas, plastik, logam dan kaca dapat diubah menjadi kerajinan tangan, perhiasan atau produk lainnya. yang mempunyai nilai ekonomi dan keindahan Salah satu ide kreatif yang dapat dibuat dari bahan daur ulang adalah kerajinan tangan. Misalnya kertas bekas yang bisa dijadikan bahan pembuatan kartu ucapan, bingkai foto, atau kotak penyimpanan.

Plastik daur ulang juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan tas. dompet atau aksesoris lainnya. Selain itu, logam dan kaca bekas juga bisa dijadikan hiasan rumah yang unik dan menarik. Manfaat ekonomi dari metode daur ulang sampah juga sangat besar. Dengan mengubah sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis. Kita bisa membuka peluang bisnis baru. dan meningkatkan keuntungan

Jangan ragu untuk mengikuti kegiatan sosial peduli sampah dan menjadi bagian dari perubahan positif bagi lingkungan kita. Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan!

 

happy Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan
Happy
0 %
sad Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan
Sad
0 %
excited Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan
Excited
0 %
sleepy Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan
Sleepy
0 %
angry Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan
Angry
0 %
surprise Hari Peduli Sampah Nasional, Ini 3 Aksi Nyata dan Inspiratif Jaga Kebersihan Lingkungan
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D