Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score

0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Kalsium merupakan salah satu unsur atau zat yang sering dikaitkan dengan kesehatan tulang, termasuk pada masa pertumbuhan.

Selain berperan dalam menjaga kesehatan tulang, banyak orang yang belum mengetahui bahwa kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

“Gagasan bahwa kalsium dan jantung adalah dua hal yang berkaitan mungkin sedikit baru bagi masyarakat umum, namun ketahuilah bahwa keberadaan kalsium sebenarnya berperan pada jantung,” ujar dokter spesialis penyakit dalam yang merupakan konsultan jantung. intervensi. Ahrimias, M. dari RS Eka BSD. Yameen dalam keterangannya, Jumat (24/5/2024).

Yamin menambahkan, tubuh menggunakan kalsium untuk menjaga otot jantung tetap berkontraksi saat memompa darah ke seluruh tubuh. dan mengatur kontraksi otot polos pada pembuluh darah.

Namun, berbeda dengan tulang, timbunan kalsium yang tinggi di pembuluh darah jantung justru bisa membahayakan jantung.

Itu sebabnya kadar kalsium di pembuluh darah jantung menentukan kesehatan jantung kita di masa depan.

Penemuan ini telah digunakan dalam industri kesehatan untuk menciptakan prosedur untuk menguji kesehatan jantung pasien dengan mengukur kadar kalsium di jantung. Prosedur ini disebut tes skor kalsium CT.

Skor CT kalsium adalah tes jantung yang menggunakan CT scan untuk mengukur berapa banyak kalsium yang menumpuk di arteri jantung.

Penumpukan kalsium ini disebabkan oleh kolesterol dan timbunan lemak. Penumpukan plak dapat mengeras dan membuat pembuluh darah menjadi sempit dan keras.

Kondisi ini dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Tes CT calsium score berguna untuk mendeteksi penyakit jantung dan stroke sebelum gejala muncul.

Akumulasi kalsium di arteri jantung disebut juga kalsifikasi arteri. Kondisi ini terjadi ketika kalsium menumpuk di dinding arteri yang membawa darah ke jantung.

“Penumpukan kalsium ini bisa membuat pembuluh darah menjadi keras dan menyempit. Kondisi ini biasa disebut aterosklerosis. “Aterosklerosis sendiri diketahui dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke,” jelas Yamin.

Untuk aterosklerosis, tes skor kalsium CT dimaksudkan untuk membantu dokter mengetahui berapa banyak kalsium yang terkumpul.

Prosedur non-invasif ini dapat menunjukkan di mana letak penumpukan dan seberapa sempit pembuluh darahnya.

Tujuan utama dari CT calsium score adalah untuk mendeteksi dan mencegah risiko penyakit jantung dan stroke sebelum gejala muncul. Artinya, waktu terbaik untuk melakukan tes ini adalah saat tidak ada gejala.

“Jika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, Anda bisa menanyakan hasil CT kalsium saat pemeriksaan untuk mengetahui seberapa tinggi risiko Anda terkena penyakit jantung.”

“Jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit jantung namun ingin mengetahui apa saja risiko Anda untuk mencegah penyakit jantung atau menjaga kesehatan jantung, kini saatnya untuk mendapatkan skor CT kalsium.” “Apalagi jika Anda berusia 40-70 tahun, ada risiko penumpukan kalsium di arteri,” saran Yamin.

Skor CT kalsium memberikan manfaat paling optimal ketika seseorang tidak berisiko terkena penyakit jantung dan tidak menunjukkan gejala apa pun, lanjut Yamin.

“Hal ini dapat dilakukan setiap 3-5 tahun sekali disertai dengan pemeriksaan kesehatan untuk melihat apakah risiko penyakit jantung masih rendah atau meningkat.”

Tes skor kalsium CT direkomendasikan untuk orang berusia di atas 40 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung meningkat atau sedang.

Kelompok orang yang dianjurkan untuk menjalani tes CT kalsium antara lain: orang dengan riwayat keluarga penyakit jantung, tanpa gejala, perokok, kolesterol tinggi saat ini atau di masa lalu, tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, gaya hidup sedentary (kurang aktif/ jarang berolahraga), usia 40 atau lebih, dan orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Orang yang berusia di bawah 40 tahun dan memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia familial).

“Jika Anda memiliki berbagai kriteria di atas dan tidak memiliki gejala penyakit jantung, pemeriksaan CT kalsium merupakan ukuran yang tepat untuk mengetahui risiko penyakit jantung sekaligus memantau penyakit jantung Anda,” kata Yamin.

happy Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score
Happy
0 %
sad Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score
Sad
0 %
excited Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score
Excited
0 %
sleepy Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score
Sleepy
0 %
angry Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score
Angry
0 %
surprise Cegah Penumpukan Kalsium di Pembuluh Darah Jantung, Dokter Sarankan CT Calcium Score
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D