2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung

0 0
Read Time:2 Minute, 39 Second

gospelangolano.com, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Jakarta diperingati pada tanggal 29 Mei atau hari ini. Tahun ini HLUN mengusung tema Peduli Lansia, Indonesia Hormat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Undang-Undang Kesejahteraan Lansia, istilah “lansia” atau “lansia” mengacu pada sekelompok orang yang berusia 60 tahun atau lebih.

Dalam rangka memeriahkan HLUN 2024, sebanyak 2000 lansia dari sekolah dan komunitas lansia mengikuti acara puncak perayaan HLUN XXVIII 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Desa dan Keluarga Berencana (BKKBN) pada Rabu pagi di Gedung DOME Bale Rame Sabilulungan Soreang . Kabupaten, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut BKKBN, HLUN merupakan wujud rasa syukur kepada lansia yang dapat diselenggarakan dalam bentuk: Bakti sosial Pelayanan kesehatan Pelayanan pemenuhan hak-hak sipil Inisiatif masyarakat bagi lansia Lomba kreatif bagi lansia Pelatihan bagi lansia Webinar Kegiatan lain bagi lansia . .

Peringatan HLUN XXVIII ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXXI tahun 2024 sekaligus wisuda kakek-nenek lulusan sekolah warga senior. Acara ini memperkenalkan para pelajar lanjut usia asal Jawa Barat yang berasal dari berbagai latar belakang sosial.

Sekolah Lanjut Usia merupakan kegiatan peningkatan kualitas hidup lansia yang dipelopori oleh BKKBN dan Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL).

Menurut Kepala BKKBN, Wakil Ketua KSPK BKKBN, Nopian Andusti, sekolah lansia tersebut akan dikembangkan bekerjasama dengan perusahaan Pentahelix Indonesia Ramah Ansia, BKKBN, Komunitas Ansia. dan masyarakat.

“Yayasan Ramah Lansia Indonesia telah mengembangkan 88 sekolah lansia di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat yang diikuti lebih dari 6.000 siswa. Mulai tahun 2023, melalui kerja sama BKKBN, upaya pemberdayaan lansia dilakukan dengan mengintegrasikan Sekolah Lanjut Usia dalam Pembinaan Keluarga Lanjut Usia (SL-BKL),” kata Nopian dalam siaran persnya.

Sekolah Lanjut Usia merupakan salah satu model pendidikan informal bagi lanjut usia dengan menerapkan kurikulum terpadu yang menggunakan latihan, permainan dan senam. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kemandirian dan mencegah penyakit degeneratif.

Perlu diketahui, lanjut Novian, setiap tahunnya jumlah penduduk lanjut usia semakin meningkat. Memang mulai tahun 2021, Indonesia sudah masuk dalam komposisi penduduk lanjut usia. Karena sekitar 1 dari 10 penduduknya adalah orang tua.

Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2023, diperkirakan penduduk Indonesia yang masuk kategori lanjut usia berjumlah 11,75 persen dari total penduduk Indonesia (280 juta jiwa) atau sekitar 32,9 juta jiwa.

Berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), sebanyak 53,93 persen lansia akan bekerja pada tahun 2023. Namun sebanyak 30,10 persen lansia mengurus rumah, 15,27 persen lansia melakukan aktivitas lain, dan hanya 0,70 persen penduduk lanjut usia yang menganggur atau sedang mencari pekerjaan.

Direktur Eksekutif Yayasan Indonesia Ramah Lansia Jawa Barat, Susiana Nugraha dalam laporannya memaparkan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HLUN 2024, termasuk gerakan kesehatan lansia.

Susiana mengatakan, organisasi yang dipimpinnya telah melatih 215 orang sebagai agen perubahan program lansia dan melakukan pemeriksaan kesehatan lansia terhadap 1200 lansia di empat provinsi/kota di Jawa Barat. Yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bogor.

Selain itu, berziarah kepada orang tua yang sakit dan menunjukkan belas kasihan kepada orang tua peserta sekolah.

“Hari ini mari kita saksikan bersama bagaimana para lansia di Jabar mengalami ‘active ageing’ secara menyenangkan melalui penampilan dan kreasi masing-masing sekolah yang akan kita hadirkan pada acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional ke-28,” ujarnya.

happy 2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung
Happy
0 %
sad 2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung
Sad
0 %
excited 2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung
Excited
0 %
sleepy 2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung
Sleepy
0 %
angry 2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung
Angry
0 %
surprise 2 Ribu Lansia Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Sekaligus Rayakan Wisuda di Bandung
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D