Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah

0 0
Read Time:4 Minute, 36 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan anggaran program Makan Bergizi Gratis (MBG) tidak berubah. Namun, diakui adanya fleksibilitas dalam penerapannya di bidang ini.

Pemerintah dikabarkan telah mengalokasikan setidaknya Rp71 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Provinsi (APBN) Provinsi untuk Program Makanan Bergizi Gratis pada tahun 2025. Angka-angka tersebut nantinya akan dimasukkan dalam RAPBN 2025 bersama anggota baru terpilih pertama. Anggaran Presiden Prabowo Subianto.

Tidak (ada perubahan), RAPBN masih sama, kata Menko Airlangga saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta, Selasa (16 Juli 2024).

Anggarannya tidak berubah, tapi pelaksanaannya bisa fleksibel, katanya. Hal ini menjawab pertanyaan besar kecilnya pembagian biaya makanan bergizi gratis per porsi. Namun Airlangga Hartarto belakangan tidak melepas distribusi yang akan memberikan porsi makanan bergizi gratis.

“Tetapi akan ada fleksibilitas dalam implementasi di masa depan,” tambahnya.

Soal biaya makan siang gratis menjadi fokus Ekonom Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan. Ia mengaku sudah menjalin komunikasi dengan tim ekonomi Prabowo Subianto.

“Tapi yang menarik menurut saya, setelah angka itu diberitakan Rp 71 triliun, tugas yang diberikan presiden terpilih kepada tim ekonominya adalah memikirkan apakah biaya makan per hari bisa ditekan dari Rp 15.000,-. Kata Heriyanto pada 16 Juli 2024. Sampai Rp 9.000, sampai Rp 7.500. Saya kira begitu, kata Mandiri Market Outlook 2024, Selasa.

Dia mempertimbangkan kemungkinan ini. Dari sudut pandang kebijakan, terdapat keinginan untuk memperluas cakupan kelompok yang berhak menerima dukungan nutrisi gratis.

“Sebagai seorang politikus, wajar jika dia ingin programnya menjangkau sebanyak-banyaknya masyarakat. Yang penting adalah mendorong programnya dalam batasan tersebut, dalam batas Rp 71 triliun,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto membenarkan nama program makan siang gratis tersebut diubah menjadi Makanan Bergizi Gratis. Perubahan kondisi tersebut berdasarkan hasil berbagai penelitian.

Salah satu alasannya adalah siswa SD kebanyakan datang pada pagi hari sehingga jika makan siang waktu tunggunya terlalu lama. Bahkan, di banyak daerah, siswa TK dan SD diperbolehkan pulang sekolah sebelum jam makan siang.

Dengan mengganti makanan bebas bergizi, siswa bisa mendapatkan makanan tanpa harus menunggu makan siang. Alhasil, waktu bisa lebih fleksibel dan tidak harus jam makan siang. Artinya pukul 12-13.00 mungkin lebih awal.

Selain pergantian nama, Prabowo berencana memberikan susu gratis dengan memanfaatkan beragam potensi yang ada. Nantinya, pelaksanaan program susu gratis ini akan disesuaikan dengan potensi gizi masing-masing daerah.

Ternyata banyak sekali kelebihan dan perbedaan mengenai susu. Misalnya saja susu UHT yang dikenal mampu membunuh bakteri dan memperpanjang umur simpan melalui proses pemanasan bersuhu sangat tinggi, praktis dan mudah ditemukan di pasaran.

Namun jika dibandingkan dengan susu pertumbuhan, kandungan nutrisi pada susu UHT terbatas. Sebagai sumber protein hewani, susu UHT mengandung lemak, protein, gula, garam, vitamin, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Tersedia juga susu bubuk pertumbuhan yang dirancang khusus untuk anak di atas 1 tahun. Susu pertumbuhan ini tidak hanya mengandung nutrisi yang sama dengan susu UHT, tetapi juga diperkaya dengan nutrisi tambahan antara lain zat besi, DHA, serta omega 3 dan 6. Nutrisi yang sesuai dengan usia anak dapat memberikan dukungan yang diperlukan untuk pembelajaran, tumbuh kembang anak, dan tumbuh kembangnya. Kreativitas.

Susu murni atau pasteurisasi juga tersedia. Susu murni merupakan produk yang terbuat dari 100% susu segar, diperah segar dan didinginkan. Susu ini aman dikonsumsi melalui proses pasteurisasi yang menghilangkan bakteri dengan cara memanaskannya secara manual pada suhu 72-75 derajat Celcius.

Menurut laporan WHO, produk susu merupakan bagian dari berbagai makanan yang dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan protein hewani.

Pakar gizi klinis Juwalita Surapsari mengatakan, meski anak membutuhkan nutrisi tambahan, susu pertumbuhan bisa diberikan asalkan memenuhi kebutuhan anak.

Salah satu keunikan dari growth oil adalah diperkaya dengan nutrisi tambahan berupa zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan anak. Hal ini dapat meningkatkan nilai gizi makanan sehingga lebih bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan.

“Manfaat fortifikasi artinya dapat membantu memenuhi kebutuhan anak,” kata Juvalita, Kamis (27/6/204). “Susu yang diperkaya zat besi bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Bisa,” ujarnya.

“Iya, bisa diminum setiap hari sesuai kebutuhan. “Karena inti dari pola makan yang beragam adalah memberikan pola makan yang bervariasi dan sehat,” ujarnya.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Pola Makan Seimbang, susu merupakan salah satu kelompok lauk pauk yang merupakan sumber protein, selain ikan, telur, unggas, daging, dan kacang-kacangan. Makanan olahan seperti tahu dan tempe. Jenis makanan tersebut harus diimbangi dengan jenis makanan lainnya untuk mencapai kecukupan gizi.

WHO dan UNICEF telah mengidentifikasi delapan kelompok makanan utama untuk anak-anak. Ini termasuk ASI; Produk daging (daging, ikan, unggas, dan hati/jeroan); Produk susu (susu, yogurt, keju); telur; gila; Buah-buahan dan sayuran kaya vitamin A; buah-buahan dan sayuran lainnya; Juga termasuk biji, akar dan umbi-umbian.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menguraikan alokasi anggaran sebesar Rp71 triliun untuk Program Makan Bergizi Gratis (MBG) atau Makan Siang Gratis. Menurut dia, penyalurannya akan dilakukan secara bertahap.

Sri Mulyani mengaku sudah menjalin komunikasi dengan delegasi Presiden terpilih Prabowo Subianto. RAPBN 2025 memuat penyesuaian besaran anggaran.

“Pertama, banyak pertanyaan tentang program pangan gratis bergizi. Kami sudah berkomunikasi dengan Presiden terpilih Pak Prabowo dan tim untuk memperjelas bagaimana pangan gratis bergizi masuk dalam RAPBN 2025,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Pajak Nasional, Jakarta, Senin (24 Juni 2024).

Diakuinya, Prabowo telah menegosiasikan alokasi anggaran sebesar Rp71 triliun untuk program makanan bergizi gratis atau makan siang gratis andalannya. Ini anggaran tahap pertama tahun pertama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Presiden terpilih Prabowo sepakat program makan gratis bergizi dilakukan secara bertahap dan menyatakan setuju untuk mengalokasikan dana sekitar Rp71 triliun untuk RAPBN pada tahun 2025, tahun pertamanya menjabat. dia menjelaskan.

 

happy Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah
Happy
0 %
sad Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah
Sad
0 %
excited Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah
Excited
0 %
sleepy Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah
Sleepy
0 %
angry Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah
Angry
0 %
surprise Menko Airlangga Tegaskan Anggaran Makan Bergizi Gratis Ala Prabowo Tak Berubah
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D