Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya

0 0
Read Time:3 Minute, 19 Second

gospelangolano.com, Jakarta (Menhub) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan dan menjelaskan perkembangan transportasi di IKN dalam rapat terbatas dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di ibu kota nusantara (IKN), Senin. (29/). 7/2024).

Menhub memberikan pengarahan kepada RI 1 mengenai beberapa hal, yakni kesiapan uji coba trem otonom (ART), progres bandara IKN, dukungan angkutan laut untuk pengembangan dan pengangkutan di IKN, serta rencana transportasi yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi. . pemerintah dan Manajemen IKN.

Terkait kesediaan uji coba trem otonom atau angkutan kereta api otonom (ART) di IKN, Menhub menyatakan, Jokowi memang ingin menjadikan trem otonom sebagai kendaraan di IKN.

Menhub menjelaskan uji coba ART rencananya akan dimulai pada 5 Agustus. Saat ini rolling stock ART sudah berada di Balikpapan.

Skema pengoperasian selama masa uji coba menyediakan penjualan tiket gratis untuk penumpang mulai Agustus hingga Desember 2024. “Kerja sama kami dengan perusahaan China itu berarti mereka memberikan pelayanan gratis dan kami menyediakan jalan yang dibangun Kementerian PPUR dan Direktorat IKN. , serta marka jalan,” kata Menhub.

Selama masa uji coba gratis akan ada dua kereta yang masing-masing terdiri dari tiga gerbong. Kereta api ini akan beroperasi melalui Jalan Sumbu Kebangsaan sisi barat dan timur Kawasan Pusat Pemerintahan Nusantara (KIPP) IKN Nusantara dengan waktu tunggu (progress) selama 5 menit.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan sejumlah perubahan informasi terkait proyek transportasi di Ibu Kota Negara (IKN), mulai dari bandara VVIP hingga pengoperasian kapal Pinisi.

Pada Proyek Bandara IKN, kondisi cuaca buruk selama dua bulan terakhir menjadi tantangan terbesar dalam pembangunan Bandara IKN.

Oleh karena itu, Menhub telah menyiapkan skenario penerbangan Upacara HUT RI ke-79 jika gagal mendarat pada 17 Agustus 2024. Pilihannya melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Suleiman Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Presiden sudah memberikan instruksi tegas untuk tidak berlebihan. Mungkin ada penundaan, tapi Insya Allah akhir Agustus semuanya sudah siap,” kata Menteri Perhubungan, Senin (29/7/2024). .

 

Selain itu, Menhub juga mengumumkan penyediaan infrastruktur transportasi laut berupa kapal Pinisi untuk mendukung pembangunan dan transportasi di IKN.

Kapal Pinisi ini nantinya akan melayani perjalanan wisata ke IKN mulai 1 Agustus 2024. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan menyediakan satu unit kapal lagi dengan menugaskan kapal Pinisi milik PT Pelni.

Menhub berharap pembelian ini bisa menjadi insentif kerja sama pelayanan. Sehingga kedepannya akan semakin banyak operator kapal yang tertarik berbisnis dengan IKN.

“Jadi kita lihat di Balikpapan, seperti di Labuan Bajo, banyak perahu pinisi. Kita tahu Balikpapan punya destinasi wisata, ada suaka orangutan, ada penangkaran buaya yang menjadi bagian dari kegiatan pariwisata. Kami akan bekerja sama dengan pemerintah provinsi. pemerintah dan OIKN,” ujarnya.

 Selain itu, Menhub juga telah menyampaikan rencana kerja sama pengelolaan transportasi kepada IKN bersama pemerintah provinsi dan Otoritas IKN. Kementerian Perhubungan saat ini sedang mempersiapkan sistem pergerakan orang otomatis (APMS) atau teknologi pemantauan lalu lintas di OIKN yang rencananya akan selesai dalam waktu dekat.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi memberikan nama khusus pada Istana Kepresidenan di ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Ia menyebut Istana Kepresidenan di IKN Istana Garuda dan Istana Kepresidenan disebut Istana Negara.

“Katanya ini Istana Garuda, bukan lagi Kantor Presiden, tapi Istana Garuda yang berada di bawah Istana Negara,” kata Menteri PNPR Basuki Hadimulyono di kawasan Istana IKN, Senin (29 Juli). 2024).

“Namanya resmi. Ada juga Istana Garuda, ada Istana Negara. Saya pikir itu triknya,” lanjutnya.

Istana Garuda nantinya akan menjadi tempat Presiden menjalankan tugasnya. Kantor Presiden di Jakarta biasanya digunakan Presiden untuk mengadakan pertemuan dengan para menteri Kabinet.

 

Basuki juga mengatakan, Jokowi meminta agar acara IKN mengedepankan partisipasi masyarakat. Jokowi tidak ingin masyarakat sekitar IKN merasa terpinggirkan dan terlantar.

“Kami punya deputi humas. Untuk menata kawasan sekitar IKN, partisipasi masyarakat akan diutamakan,” ujarnya.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi menghabiskan hari pertamanya menjabat di Istana Kepresidenan ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Senin, 29 Juli 2024.

Namun, Jokowi mengaku masih “lunak dalam bekerja” karena masih ada pekerja di proyek tersebut.

“Iya, kalau punya kantor, enaknya datang ke kantor. Karena dilakukan juga melalui pekerja,” kata Jokowi kepada wartawan di IKN Pemerintah Pusat, Kalimantan Timur.

happy Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya
Happy
0 %
sad Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya
Sad
0 %
excited Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya
Excited
0 %
sleepy Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya
Sleepy
0 %
angry Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya
Angry
0 %
surprise Kereta Tanpa Rel IKN Uji Coba Gratis Mulai 5 Agustus 2024, Ini Rutenya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D