Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar

0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

gospelangolano.com – Viral di media sosial X tentang kesejahteraan guru muda yang berpenghasilan kurang dari Rp 3 juta. Biasanya mereka adalah guru baru yang belum menerima sertifikasi guru (serdos) dan gaji tambahan lainnya.

Situasi inilah yang memunculkan #DosenJanganBeA yang dibawakan oleh Ardianto Satriawan, dosen teknik elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Tweet tersebut merupakan suara para guru di Indonesia yang seringkali bekerja keras dan tanpa bayaran.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Ikatan Dosen Indonesia (ADI) Prof. Ali Berawi mengatakan, penerapan hak guru merupakan hal yang penting bagi setiap perguruan tinggi. Sertifikasi hak guru wajib dicapai oleh masing-masing perguruan tinggi, PTN, dan PTS.

“Indonesia memiliki rencana untuk menjadi negara Indonesia Emas pada tahun 2045. Untuk itu, salah satu yang terpenting adalah sumber daya manusia (SDM). Menyiapkan dan mencetak manusia Indonesia yang berkualitas tidak lepas dari pendidikan yang ada di Indonesia saat ini mulai dari sekolah dasar. sampai SMA,” ujarnya di Universitas Indonesia (UI), Depok pada Jumat 23 Februari 2024.

Berbicara mengenai kesehatan pendidik, ia menyebutkan jumlah guru di Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 sebanyak 316.912 orang. Terdiri dari 108.630 guru pada perguruan tinggi negeri (PTN) dan lebih dari 208.000 guru pada perguruan tinggi swasta (PTS). Gaji awal pengajar PTN didasarkan pada gaji PNS. Saat ini pelatih PTS sudah tersertifikasi sesuai standar PTS.

“Kalau kita lihat UU No. 13 Tahun 2003, gaji guru swasta sebesar UMP. Oleh karena itu, guru tidak boleh mendapat gaji di bawah UMP, baik guru negeri maupun swasta. “Nah, kalau kita lihat ke belakang, perbandingan gaji guru di Indonesia dan negara lain berbeda,” kata guru besar Fakultas Teknik (FT) UI itu.  

Di Singapura, gaji guru bisa mencapai Rp 100 juta. Uang ini dinilai sangat bermanfaat bagi para guru sehingga membuat mereka lebih fokus pada pekerjaannya. Tweet guru di X itu diduga viral karena haknya tidak dilaksanakan. Sebab kebebasan guru merupakan hal yang penting dan harus dimanfaatkan oleh setiap perguruan tinggi. Untuk mencapai hal tersebut dapat dilakukan dengan bantuan pemerintah pusat melalui pendanaan dari perguruan tinggi agar memiliki infrastruktur yang dapat disalurkan untuk memberikan insentif kepada guru.

“Lalu bagaimana setiap perguruan tinggi negeri dan swasta bisa menjamin kebebasan guru? Kalau pemerintah jelas soal gaji pokok. Oleh karena itu pada perguruan tinggi swasta sangat berkaitan dengan kemampuan masing-masing perguruan tinggi. “Misalnya jumlah siswa sebagai salah satu uangnya,” tegasnya.

ADI berharap pemerintahan baru dapat mendorong banyak program dan kebijakan untuk mewujudkan hak guru untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Peningkatan kualitas guru baru akan didukung oleh beberapa program. Misalnya saja pemberian insentif kerja dan kemungkinan mendapat dana hibah penelitian. Bagi guru baru untuk meningkatkan keterampilannya.

“Inilah yang saya pesan kepada pemerintah termasuk kementerian terkait untuk menerapkan tata kelola yang baik. “Tercapainya jaminan bagi fakultas sangat penting,” tuturnya.

Ali mengatakan ADI siap menjadi mitra pemerintah dalam pendidikan tinggi di Indonesia.

“ADI berharap pemerintahan baru lebih memperhatikan penciptaan manusia yang berkualitas, karena ini adalah hal terpenting untuk menuju Indonesia Emas 2045,” tutupnya. OJK masih menunggu PP tentang perpanjangan program pensiun pekerja, bersiaplah gaji pekerja kembali berkurang akibat perpanjangan program pensiun. Dewan Jasa Keuangan (OJK) pun mengaku saat ini masih menunggu peraturan pemerintah. gospelangolano.com.co.id pada 6 September 2024

happy Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar
Happy
0 %
sad Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar
Sad
0 %
excited Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar
Excited
0 %
sleepy Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar
Sleepy
0 %
angry Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar
Angry
0 %
surprise Viral Tagar #JanganJadiDosen, ADI Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Tenaga Pengajar
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D