5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan

0 0
Read Time:3 Minute, 6 Second

gospelangolano.com, Jakarta Di era digital ini, produk elektronik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Penggunaan perangkat elektronik secara terus-menerus, baik untuk bekerja, bermain game, atau menjelajahi jejaring sosial, sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun perlu diingat bahwa penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan mata.

Selain ketegangan pada mata, penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan juga dapat menyebabkan tech neck, yaitu nyeri pada kepala, leher, dan bahu. Hal ini terjadi akibat postur tubuh yang membungkuk saat menatap layar gadget dalam waktu lama. Oleh karena itu, pertimbangkan tingkat ketegangan fisik dan berikan istirahat yang cukup pada mata dan tubuh Anda.​

Untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai masalah akibat penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan, ada beberapa tips efektif yang bisa diterapkan. Langkah-langkah ini tidak hanya akan membantu mengurangi ketegangan mata tetapi juga membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dengan menerapkan tips ini, Anda bisa menggunakan gadget dengan lebih bijak dan sehat serta terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin timbul. Dihimpun dari berbagai sumber, gospelangolano.com, Jumat (6/9/2024).

Anda dapat mencegah ketegangan mata dengan menjauhkan mata dan perangkat satu sama lain. Mungkin merupakan aturan praktis yang baik untuk menempatkan layar pada jarak lengan dari mata Anda, atau sekitar 20 inci (51 cm). Selain itu, Anda juga bisa menerapkan aturan 20-20-20 untuk melatih mata Anda. Caranya adalah dengan menatap layar gadget selama 20 menit, lalu berhenti dan melihat sesuatu yang berjarak 20 meter selama 20 detik.

Ini dapat digunakan untuk mencegah agar pengaturan waktu pengulangan tidak terlupakan. Selain itu disarankan juga untuk sering melakukan flashing. Berkedip membantu menyebarkan air mata ke kulit mata untuk kenyamanan. Layar gadget menjadi semakin buram saat Anda memfokuskannya, sehingga penting untuk memperbanyak frekuensi kedipan agar mata tetap lembap.

Teman-teman bisa melakukan beberapa latihan untuk mengendurkan otot mata dan mengurangi ketegangan. Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan mata Anda maju mundur selama sekitar satu menit. Selain itu, Anda dapat melakukan 10 gerakan mata cepat ke atas dan ke bawah, dari sisi ke sisi.

Setelah itu, Anda bisa memejamkan mata dengan telapak tangan selama 2 menit. Selain itu, berkedip perlahan sebanyak 20 kali berturut-turut juga dapat menyegarkan mata. Terakhir, Anda bisa menggunakan kacamata pelindung cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata akibat penggunaan barang elektronik.

Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi pelindung mata seperti beta-karoten, asam lemak omega-3, zinc, lutein, zeaxanthin, dan vitamin A, C, dan E. pelanggaran. Bebas dan mengurangi peradangan mata. Berikut beberapa saran makanan untuk kesehatan mata:

1. Biji rami dan minyak rami, ikan dan kacang-kacangan mengandung omega-3.

2. Kacang-kacangan, tiram, daging merah, dan yogurt semuanya mengandung zinc.

3. Aprikot, melon mentah, wortel, mangga, paprika merah, keju ricotta, bayam dan kentang mengandung vitamin A dan beta-karoten.

4. Brokoli hijau, kubis Brussel, jeruk bali, kiwi, jeruk, paprika merah, dan stroberi semuanya mengandung vitamin C.

5. Almond, brokoli, selai kacang, bayam, biji bunga matahari, bibit gandum, dll semuanya mengandung vitamin E.

6. Brokoli hijau, kubis Brussel, sawi, jagung, telur, kangkung, nektarin, jeruk, pepaya, selada, bayam dan labu kuning mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu, tidur yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan mata. Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat memperburuk gejala gangguan penglihatan dan meningkatkan risiko terjadinya glaukoma.​

Pertimbangkan untuk memakai kacamata dengan lapisan anti-reflektif atau filter cahaya biru untuk melindungi mata Anda dari cahaya biru yang dipancarkan layar perangkat elektronik. Kacamata ini dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan kenyamanan saat menggunakan gadget.

Sesuaikan kecerahan dan kontras layar gadget Anda dengan kondisi pencahayaan sekitar. Mengatur layar agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap dapat mengurangi ketegangan mata. Menerapkan tips ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi efek negatif dari penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan.

happy 5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan
Happy
0 %
sad 5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan
Sad
0 %
excited 5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan
Excited
0 %
sleepy 5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan
Sleepy
0 %
angry 5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan
Angry
0 %
surprise 5 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D