Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

JAKARTA – Konsumsi dan produksi batu bara di UE (Uni Eropa) diperkirakan mengalami penurunan signifikan pada tahun 2023, berdasarkan data awal. Menurut badan statistik Eurostat, konsumsi dan produksi batubara turun 20%.

Rekor ini mengikuti pertumbuhan populasi dan produksi selama dua tahun di wilayah tersebut. Konsumsi batu bara diperkirakan mengalami penurunan tahunan terbesar di UE, turun lebih dari 100 juta ton (mt) menjadi 351 juta ton, menurut angka Eurostat.

Sepanjang tahun ini, Jerman dan Polandia merupakan importir batubara terbesar dengan masing-masing sebesar 37% dan 27%.

Energi surya mengungguli batubara

Eurostat juga menyebutkan bahwa pada tahun 2022, energi surya akan menggantikan batu bara sebagai sumber listrik untuk pertama kalinya.

Batubara keras atau antrasit merupakan jenis batubara yang memiliki kandungan karbon paling tinggi dari semua jenis batubara. Hanya dua negara di Eropa yang masih memproduksinya, Polandia dan Republik Ceko.

Tenaga surya menyumbang 210.249 GWh terhadap total pembangkit listrik di UE pada tahun 2022, yang mana 205.693GWh berasal dari batubara keras dan 241.572GWh dari batubara coklat.

Saat berbelok

Secara global, konsumsi batu bara akan mencapai puncaknya pada tahun 2022, karena batu bara merupakan sumber utama listrik, produksi baja, dan produksi semen.

Hal ini memerlukan kebijakan dan pendanaan untuk mendorong pengembangan energi bersih. Hampir 200 negara menyepakati perlunya transisi dari bahan bakar fosil dan energi terbarukan sebanyak dua kali pada konferensi COP28 tahun lalu.

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan bahwa konsumsi batubara global akan meningkat lagi pada tahun 2023. Permintaan diperkirakan akan meningkat secara signifikan selama dekade ini, yang disebut sebagai “masa perubahan bersejarah”.

“Data awal menunjukkan bahwa konsumsi batu bara di UE akan menurun secara signifikan pada tahun 2023 – Eurostat” menurut Energy Monitor.

happy Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya
Happy
0 %
sad Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya
Sad
0 %
excited Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya
Excited
0 %
sleepy Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya
Sleepy
0 %
angry Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya
Angry
0 %
surprise Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D