Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut

0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

LONDON – Di seluruh dunia, terdapat endapan batuan basal di dasar laut yang mampu memerangkap karbon dioksida, sehingga menghilangkan gas rumah kaca dari atmosfer. Hal ini mendorong tim ilmuwan untuk membangun platform terapung di lokasi strategis lepas pantai.

Berbeda dengan anjungan minyak lepas pantai tradisional yang mengekstraksi minyak, anjungan masa depan ini menyuntikkan karbon dioksida ke dalam endapan batuan.

Ditenagai oleh turbin angin, pembangkit listrik terapung ini akan menyedot karbon dioksida dari udara (atau bahkan air laut) dan memompanya ke lubang-lubang di dasar laut.

Proyek ini disebut baja karbon. Jika percobaan tersebut berhasil, karbon dioksida yang disuntikkan akan disimpan selamanya dalam bentuk batu di dasar laut.

“Hal ini membuat penyimpanan karbon menjadi sangat kuat dan aman,” Martin Sherwath, ahli geofisika yang mengerjakan proyek tersebut dan ilmuwan di Ocean Networks Kanada, mengatakan kepada Business Insider.

Berbeda dengan teknologi penyimpanan karbon lainnya, metode ini tidak memungkinkan karbon kembali ke atmosfer dan meningkatkan suhu global.

Namun, masih belum ada jaminan bahwa fasilitas penghilangan karbon laut akan berfungsi sesuai harapan. Pertama, para ilmuwan membutuhkan sekitar $60 juta untuk menguji prototipe di laut.

Proyek ini berpotensi menghilangkan sejumlah besar karbon dioksida dari atmosfer untuk memerangi perubahan iklim.

Karbon dioksida yang disuntikkan ke dasar laut disimpan selamanya dalam bentuk batuan, mencegahnya kembali ke atmosfer.

Biaya awal pembuatan dan pengujian prototipe proyek ini sangat tinggi. Masih belum ada jaminan bahwa proyek ini akan berhasil secara luas.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan bahwa proyek ini tidak merusak lingkungan laut.

Carbon Solid Project adalah solusi inovatif untuk memerangi perubahan iklim dengan menyimpan karbon dioksida secara permanen di dasar laut. Meskipun masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi, proyek ini memiliki potensi besar untuk membantu kita mencapai tujuan emisi karbon nol bersih.

happy Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut
Happy
0 %
sad Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut
Sad
0 %
excited Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut
Excited
0 %
sleepy Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut
Sleepy
0 %
angry Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut
Angry
0 %
surprise Ilmuwan Berencana Memompa Karbon ke Dasar Laut
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D