Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini

0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Biasanya seseorang mengalami apa yang disebut stroke ringan atau “peringatan stroke” sebelum stroke berikutnya terjadi. Secara medis, hal ini dikenal sebagai serangan iskemik transien atau TIA.

Beberapa ahli mempermasalahkan pernyataan ini, terutama karena TIA sama seriusnya dengan stroke dan tetap harus diobati. Menurut American Heart Association, satu dari lima orang yang diduga mengalami serangan iskemik transien akan mengalami stroke parah dalam waktu 90 hari.

“Gejala TIA adalah gejala mirip stroke yang berlangsung selama beberapa menit akibat terganggunya suplai darah ke bagian otak,” kata Dr. Larry Goldstein.

Meskipun definisi tradisional gejala TIA menyatakan bahwa gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, sebagian besar TIA berlangsung singkat dan berlangsung kurang dari satu jam. Seperti dilansir laman HuffPost, para ahli membagikan tanda-tanda peringatan dini serangan iskemik transien dan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalaminya:

1. Kesulitan menjaga keseimbangan dan kelemahan

Salah satu gejala TIA yang paling umum adalah kesulitan dan kelemahan keseimbangan. “Biasanya terjadi pada satu sisi tubuh,” kata Dr. Hardik Amin.

2. Hilangnya penglihatan

“Seseorang mungkin mengalami kehilangan penglihatan pada salah satu atau kedua matanya atau bahkan penglihatan ganda,” kata Dr. Goldstein.

Itu tidak berarti Anda tidak dapat melihat apa pun. Penglihatan ganda disebut juga dengan diplopia, ketika seseorang melihat dua bayangan suatu benda ketika melihatnya.

3. Air liur atau mati rasa pada wajah

Gejala lainnya termasuk wajah terkulai di satu sisi atau hilangnya kendali otot. Seseorang mungkin mengalami mati rasa dan kesulitan tersenyum atau menggerakkan bagian mulut. Kondisi ini mirip dengan Bell’s palsy, yaitu kondisi yang menyebabkan kelumpuhan wajah. Meskipun stroke dapat menimbulkan gejala lain, penting untuk segera memeriksakannya, meskipun itu satu-satunya masalah yang Anda alami.

4. Kelemahan tangan

Menurut Dr. Goldstein, kelemahan lengan merupakan tanda peringatan potensial TIA. Mengangkat benda dan mengangkat lengan memang terasa menakutkan, apalagi jika seseorang tidak pernah mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut. Gejala ini biasanya terjadi pada satu sisi tubuh.

5. Gangguan bicara

“Seseorang mungkin mengalami kesulitan berbicara atau menemukan kata-kata yang tepat,” kata Dr Amin. Kata-katanya bisa jadi tidak jelas atau membingungkan, sehingga mengejutkan pembicara dan orang yang mereka cintai.

TIA adalah keadaan darurat dan siapa pun yang mengalaminya harus segera mencari pertolongan medis. Kabar baiknya, risiko terkena stroke dapat dikurangi dengan pengobatan yang tepat sasaran sedini mungkin.

“Dokter dapat memindai otak dan pembuluh darah, memeriksa fungsi jantung, dan menyaring faktor risiko kardiovaskular yang meningkatkan risiko stroke,” kata Dr. kita

“Mengobati kondisi seperti plak di arteri, aritmia jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan lain-lain dapat secara signifikan mengurangi risiko stroke di masa depan, yang dapat menyebabkan kecacatan atau bahkan kematian,” katanya.

happy Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini
Happy
0 %
sad Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini
Sad
0 %
excited Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini
Excited
0 %
sleepy Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini
Sleepy
0 %
angry Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini
Angry
0 %
surprise Tanda Stroke akan Datang dalam Waktu 90 Hari, Perhatikan 5 Ciri Ini
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D