Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP

0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Google akan segera merilis Android 15 Developer Preview, pratinjau Android 15 untuk pengembang.

Dengan dirilisnya Pratinjau Pengembang Android 15, Google telah mulai menguji versi Android berikutnya Pratinjau Pengembang Android 15 yang tersedia untuk perangkat Google Pixel.

Ketersediaan Pratinjau Pengembang Android 15 memberikan gambaran sekilas tentang pembaruan yang diharapkan muncul di Android 15 mendatang

Jika Anda perhatikan, Google biasanya menyebut versi Android setelah makanan manis. Di Android 15, Google kembali menggunakan nama makanan manis sebagai kode nama. Nama kode untuk Android 15 adalah Vanilla Ice Cream.

Meskipun rilis stabil final Android 15 masih beberapa bulan lagi, Google telah menguji Android 15 melalui pratinjau pengembang.

Rilis Pratinjau Pengembang Android 15 dijadwalkan pada pertengahan Maret. Disusul beta hingga Mei.

Google belum mengumumkan kapan versi stabil Android 15 akan dirilis. Namun peluncuran Android 15 akan dirilis dengan Pixel 9 pada Oktober 2024, menurut Android Authority, Minggu (25/2/2024).

Bagi pengguna ponsel Google Pixel, mereka akan menjadi orang pertama yang merasakan pembaruan Android 15.

Sementara itu, produsen smartphone lain akan membutuhkan waktu lebih lama untuk merilis skin UX mereka sendiri yang berjalan pada sistem operasi Android 15.

 

Android 15 mirip dengan versi Android sebelumnya. Namun ada beberapa perubahan besar yang diusulkan Google.

Ada juga pembaruan yang berfungsi pada banyak fitur penting.

1. Berbagi layar sebagian

Dengan Android 15, pengguna dapat membagi atau menyimpan satu jendela aplikasi. Bukan keseluruhan layar perangkat

Fitur ini pertama kali tersedia di Android 14 QPR 2 pada perangkat Pixel.

2. Notifikasi cooldown

Fitur baru dapat ditemukan di bagian notifikasi. Fungsi ini disebut “Cooldown Notifikasi” Cooldown Notifikasi dirancang untuk mencegah pengguna terganggu oleh terlalu banyak notifikasi.

3. Kontrol baru di aplikasi kamera

Fitur baru ini mencakup peningkatan kondisi cahaya redup, memberikan pengontrol kontrol untuk meningkatkan kecerahan kamera. Pembaruan ini juga memberi Anda kemampuan untuk menyempurnakan pencahayaan saat mengambil gambar.

Kotak dialog pop-up Bluetooth

Android 15 hadir dengan fitur yang memungkinkan pengguna mengetuk Pengaturan Cepat Bluetooth untuk membuka dialog pop-up yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal.

Koneksi Kesehatan

Android 15 menyertakan pembaruan pada platform Health Connect Android yang menambahkan dukungan untuk jenis data baru tentang kesehatan, nutrisi, dan lainnya.

Instrumen MIDI Virtual 2.0

Android 15 menambahkan dukungan untuk menghubungkan ke perangkat MIDI 2.0 melalui USB, yang menggunakan Universal MIDI Packets (UMP).

Android 15 terus meningkatkan performa melalui Android Dynamic Performance Framework (ADPF) yang merupakan sekumpulan API yang memungkinkan game dan aplikasi dinamis bekerja secara langsung dengan sistem daya dan termal perangkat Android.

Dengan API ini, pengguna dapat memantau sistem mereka dengan lebih baik. Selain itu, pengguna dapat menggunakan ponselnya secara maksimal tanpa khawatir akan kepanasan.

ADPF mencakup fitur-fitur utama berikut: Pemantauan suhu, evaluasi kinerja CPU, mode berkelanjutan

Pada perangkat yang didukung, Android 15 akan menambahkan kemampuan ADPF baru, yaitu: mode hemat daya untuk mengarahkan thread CPU untuk masuk ke mode tersebut. Hal ini berguna untuk mengurangi beban dalam jangka panjang. Pengukur Kinerja CPU dapat melaporkan kinerja CPU dan GPU sehingga sistem dapat menyesuaikan frekuensi CPU dan GPU dengan pemantauan kondisi suhu baru, sistem dapat memprediksi kemungkinan penurunan kinerja

Selain peningkatan performa, Android 15 juga menjanjikan peningkatan keamanan. Berikut beberapa fitur keamanan yang akan diperkenalkan di Android 15:

Kotak Pasir Rahasia di Android

Privacy Sandbox di Android adalah inisiatif Google yang menawarkan solusi periklanan yang dipersonalisasi. Ini membatasi pembagian data pengguna dengan pihak ketiga.

Misi Sandbox adalah mengembangkan solusi periklanan yang efektif dan meningkatkan perlindungan privasi pengguna.

Integritas file

Android 15 memperkenalkan FileIntegrityManager API baru yang menggunakan fitur yang disebut “fs-verity” di kernel Linux.

Dengan fs-verity, file dapat dilindungi dengan tanda tangan kriptografi pribadi. Ini memastikan bahwa file tidak akan diubah atau rusak.

happy Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP
Happy
0 %
sad Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP
Sad
0 %
excited Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP
Excited
0 %
sleepy Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP
Sleepy
0 %
angry Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP
Angry
0 %
surprise Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D