Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android

0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

JAKARTA – Para pembuat konten kini tengah tergila-gila dengan pembuatan video stop-motion. Karena sudah menjadi tren, cara membekukan video gerak di iPhone dan Android sudah lama ditunggu-tunggu.

Pembuatan video stop motion tidak memerlukan peralatan kamera yang mahal dan canggih. Yang Anda butuhkan hanyalah smartphone berbasis Android dan iOS.

Melansir Laman Misahungry.com, Rabu (30/5/2024), Stop motion merupakan teknik menggabungkan beberapa gambar untuk dijadikan sebuah video. Elemen dalam bingkai akan bergerak sedikit pada setiap bidikan untuk menciptakan efek gerakan. Setelah itu, semua gambar digabungkan dengan bantuan software untuk membuat video stop-motion.

Cara menghentikan video gerak menggunakan ponsel Apple dan Android dapat ditemukan di bawah.

1. Unduh dan instal aplikasinya.

Ada banyak sekali aplikasi stop motion untuk membuat video stop motion, salah satunya adalah Stop Motion Studio. Aplikasi Stop Motion Studio tersedia untuk platform Android dan iOS. Versi gratis dari aplikasi ini cukup bagus untuk mengedit video. Jika Anda tertarik dengan fitur-fitur lanjutan, pilihlah versi premium.

2. Buka aplikasinya.

Setelah berhenti sejenak untuk melihat aplikasi Studio Motion, buka aplikasi tersebut. Kemudian klik opsi “Film Baru” untuk membuat video stop motion baru. Saat pertama kali pengguna melakukan ini, aplikasi akan meminta izin. Pilih opsi “Menggunakan Aplikasi”.

3. Siapkan aksesoris tambahan.

Pengguna memerlukan tripod untuk memotret still di ponsel. Pengguna juga memerlukan kontrol zoom atau perangkat pelepas jarak jauh pada ponsel untuk mencegah guncangan kamera saat menekan tombol di ponsel.

4. Sesuaikan volume video

Setelah menyiapkan tripod, letakkan ponsel sehingga Anda dapat melihat situasinya melalui aplikasi. Selanjutnya, letakkan semua barang dengan benar untuk mengambil foto atau merekam.

5. Atur pengaturan kamera ponsel.

Pengguna dapat melihat 8 pilihan tombol berbeda di kedua sisi layar video. Kemudian klik ikon kamera di pojok kanan atas. Klik “Pengaturan” jika Anda ingin mengubah rasio aspek, kecepatan pemutaran, filter, dan kualitas video.

Setelah posisi awal semua elemen dalam adegan diatur, pengguna dapat menekan tombol panah merah untuk mengambil frame pertama.

Pindahkan elemen dan ambil bingkai foto berikutnya. Lanjutkan proses ini hingga Anda mendapatkan semua bingkai foto yang Anda perlukan untuk video tersebut.

Jika ingin melihat hasil video sementara, pengguna dapat menekan tombol play yang berada di bawah tombol kamera berwarna merah.

6. Opsi Menyimpan dan Mengedit

Setelah mengambil foto, tekan tombol kembali di atas tombol layar (pojok kanan atas) untuk melihat layar sebelumnya dan melihat semua bingkai yang diambil di layar bawah. Pengguna juga dapat menghapus atau menyisipkan bingkai baru di sini jika diperlukan.

Setelah Anda puas dengan urutan gambarnya, klik tombol Kembali di pojok kiri atas. Putar video dengan menyentuh dan menahan proyek gerakan untuk mendapatkan opsi putar.

happy Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Happy
0 %
sad Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Sad
0 %
excited Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Excited
0 %
sleepy Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Sleepy
0 %
angry Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Angry
0 %
surprise Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D