5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda

0 0
Read Time:2 Minute, 28 Second

gospelangolano.com, Jakarta Daun singkong atau dikenal juga dengan sebutan daun ubi jalar merupakan sayuran yang kerap menjadi menu sehari-hari. Daun singkong biasanya diolah dengan cara direbus sebelum disajikan sebagai lalapan atau diolah menjadi masakan gurih lainnya.

Merebus daun singkong merupakan langkah awal dalam pengolahan sayuran. Namun banyak orang yang mengalami kendala seperti tekstur daun yang kasar dan warna daun yang gelap saat dimasak.

Ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Banyak orang menambahkan baking soda ke dalam air untuk memasak daun manak. Baking soda tidak hanya melembutkan daun singkong, tapi juga mencegah perubahan warna.

Sebagai alternatif yang lebih aman, pengguna Instagram @fahrunnizarf membagikan cara memasak daun singkong hanya dengan menggunakan dua bahan dapur: minyak dan garam. Dalam video yang diunggahnya, @fahrunnizarf memperlihatkan bagaimana minyak dan garam mampu menjaga daun singkong tetap hijau dan empuk.

Berikut cara memasak daun singkong, seperti dilansir Briliofood.net, Selasa (30/07/2024). Daun singkong dipetik lalu dicuci bersih dengan garam Jour Gi. Isi panci dengan air lalu rebus hingga benar-benar mendidih. Masukkan daun singkong ke dalam air mendidih. Pastikan daun singkong terendam seluruhnya di dalam air dengan cara diperas. Rebus daun singkong kurang lebih 15 menit, tambahkan sedikit minyak pada air rebusan, hingga minyak dan garam tercampur. Buang daun singkong hijau yang sudah matang.

Daun singkong yang empuk dan masih hijau siap diolah menjadi lalapan atau masakan lainnya seperti kari. Cara ini dibagikan oleh pengguna Instagram @fahrunnizarf dan mendapat banyak tanggapan positif dari netizen.

Tak hanya enak dijadikan lalapan atau makanan lainnya, daun singkong juga punya beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun singkong yang patut Anda ketahui:

Kaya akan zat bermanfaat

Daun singkong kaya akan berbagai vitamin seperti A, C dan K, serta mineral penting seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Nutrisi ini berperan penting dalam kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, proses pembekuan darah, kesehatan tulang dan produksi darah.

Sumber antioksidan

Daun singkong mengandung flavonoid dan polifenol yang melawan radikal bebas, mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan antioksidan pada daun singkong memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Kontrol tekanan darah

Kalium pada daun singkong berperan dalam mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk mencegah hipertensi dan menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan pencernaan

Serat pada daun singkong membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus yang semuanya penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Daun singkong merupakan sumber protein, mineral dan vitamin yang kaya. Antinutrien dan sianogen dalam daun singkong membatasi penggunaannya sebagai makanan manusia. Penggunaan daun singkong yang tidak diolah dengan benar dapat menimbulkan berbagai penyakit.

KBRN, Talaud. Sebuah sumber medis terpercaya memperingatkan bahwa pasien hipertensi harus berhati-hati untuk tidak memakan daun manka.

Konsumsi daun singkong secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk peningkatan keasaman lambung.

Sayuran mentah seperti kubis, kembang kol, sawi, kangkung dan daun singkong sebaiknya dihindari dalam makanan lambung karena sulit dicerna.

Orang yang menderita hipotensi disarankan menggunakan daun manak.

happy 5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda
Happy
0 %
sad 5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda
Sad
0 %
excited 5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda
Excited
0 %
sleepy 5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda
Sleepy
0 %
angry 5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda
Angry
0 %
surprise 5 Trik Rebus Daun Singkong Agar Tetap Hijau dan Lembut Pakai 2 Bahan Dapur, Tidak Usah Dicampur Baking Soda
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D