Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?

0 0
Read Time:3 Minute, 21 Second

gospelangolano.com, Malang Rambut rontok bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Jika kerontokan rambut terjadi terus-menerus, maka rambut bisa saja menjadi tipis. Faktor-faktor seperti kerusakan, sensitivitas, ketombe, atau kesalahan perawatan dapat menyebabkan rambut rontok.

Salah satu solusi mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan serum rambut. Serum rambut mengandung nutrisi yang memperkuat akar dan batang rambut, memperbaiki kerusakan dan sensitivitas. Serum dapat digunakan sebelum menata rambut, sebelum tidur, atau setelah keramas.

Untuk memilih serum rambut yang sesuai dengan masalah rambut rontok Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Ada berbagai jenis serum rambut, seperti yang berbahan dasar air atau berbahan dasar silikon. Sebelum membeli, pahami dulu peran masing-masing jenis serum rambut dan manfaatnya.

Serum rambut berbahan dasar air untuk perawatan rambut rontok dan patah

Serum rambut berbahan dasar air memiliki formula ringan yang mudah diserap rambut, sehingga tidak terasa berat atau memperparah kerontokan rambut. Pilih serum rambut yang mengandung protein atau keratin untuk menguatkan rambut dan mencegah kerusakan. Selain itu, untuk menjaga kelembapan dan mencegah kerusakan lebih lanjut, gunakan serum dengan bahan pelembab seperti minyak argan dan minyak almond.

Serum rambut berbahan dasar silikon untuk meningkatkan volume rambut

Rambut rontok yang berlebihan bisa membuat rambut menjadi lebih tipis. Untuk mengatasinya, pilihlah serum rambut berbahan dasar silikon untuk menambah volume pada rambut Anda.

Serum rambut berbahan dasar silikon mengandung bahan seperti dimethicone atau cyclomethicone, yang membentuk lapisan pelindung pada setiap helai rambut, melindunginya dari panas penataan, sinar matahari, dan polusi. Perlindungan ini membantu mencegah penipisan dan menjaga ketebalan rambut. Selain itu, serum berbahan dasar silikon juga dapat menebalkan rambut. Pilih yang mengandung biotin, keratin, tembaga glukonat atau arginin untuk memperkuat batang rambut.

Penggunaan serum rambut yang tidak cocok untuk kulit kepala dapat menyebabkan masalah serius seperti rambut rontok parah atau ketombe.

Bahan serum rambut untuk kulit kepala kering

Jika rambut rontok disebabkan oleh kulit kepala kering, pilihlah serum rambut yang mengandung pelembab seperti gliserin, minyak kelapa, lidah buaya, dan vitamin E sebagai antioksidan.

Bahan serum rambut untuk kulit kepala berminyak dan ketombe

Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak dan bersisik, gunakan serum rambut dengan bahan antimikroba seperti minyak pohon teh, ekstrak rosemary, asam salisilat, dan asam laktat. Bahan-bahan tersebut membantu mengurangi ketombe dan mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala. Selain itu pastikan serum rambut juga mengandung Prictone Olamine untuk mencegah ketombe.

Bahan serum rambut untuk kulit kepala sensitif

Jika Anda memiliki kulit kepala sensitif, hindari serum rambut yang mengandung alkohol dan pewangi, karena dapat menimbulkan reaksi alergi. Sebagai gantinya, pilihlah serum rambut yang mengandung ekstrak kamomil, lidah buaya, atau teh hijau untuk menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Rambut rontok yang berasal dari akar tidak bisa diatasi hanya dengan serum rambut saja. Meski demikian, penggunaan serum rambut tetap penting untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut.

Untuk mengatasi rambut rontok akibat lemahnya akar rambut, pilihlah serum rambut yang mengandung ekstrak ginseng, rosemary, atau niacinamide. Kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, memperkuat akar rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Selain itu serum rambut dengan DHT blocker juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi kerontokan rambut akibat hormon DHT. Bahan-bahan seperti saw palmetto, beta sitrosterol, ekstrak pygeum, dan ekstrak akar jelatang banyak ditemukan pada serum rambut jenis ini.

Beberapa manfaat serum ini antara lain mengurangi rambut kusut, menambah kilau, dan melindungi rambut dari kerusakan. Selain itu, penggunaan serum ini juga dapat menutrisi rambut. Pasalnya, serum rambut umumnya mengandung vitamin D, biotin, dan zinc yang penting untuk kesehatan rambut.

 

Penggunaan serum dianjurkan pada saat rambut agak kering setelah keramas. Dengan cara ini, bahan formula dapat terserap dengan baik ke dalam rambut dan Anda dapat langsung menata rambut.

Fungsi serum untuk merawat dan melindungi rambut membuat produk perawatan ini cocok digunakan secara rutin. Sedangkan vitamin rambut umumnya lebih fokus pada memperbaiki penampilan rambut agar lebih berkilau dan tebal.

Jangan gunakan serum rambut di dekat kulit kepala.

Tentu saja! Jika produk yang Anda gunakan berbentuk tonik atau konsentrat, bahan-bahan tersebut bekerja pada akar rambut, bukan pada batangnya. Serum jenis ini berfungsi meningkatkan kesehatan kulit kepala dan merawat akar rambut.

happy Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Happy
0 %
sad Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Sad
0 %
excited Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Excited
0 %
sleepy Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Sleepy
0 %
angry Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Angry
0 %
surprise Benarkah Hair Serum Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D