Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Ketika kehidupan kita semakin merambah ke dunia internet, bukan rahasia lagi bahwa ketergantungan kita terhadap ponsel pintar semakin meningkat. Namun hal ini bisa berujung pada perilaku buruk, seperti terus-menerus menelusuri media sosial atau terpaku pada layar kecil selama berjam-jam.

Dilansir CNET, Selasa (30/4/2024), terhubung dengan ponsel tidak hanya memengaruhi daya ingat dan konsentrasi, tetapi juga berdampak negatif pada hubungan di kehidupan nyata. Misalnya, jika setiap orang memegang telepon saat makan malam, hal ini dapat mengurangi kualitas waktu yang dihabiskan bersama. 

Profesor dari Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat (AS), Juliana Schroeder mengatakan masyarakat belum siap melakukan multitask seperti itu. 

“Dibutuhkan fokus komunikasi offline,” kata Schroeder. 

Dapat dimengerti bahwa terdapat peningkatan fokus pada dampak screen time terhadap pikiran anak-anak dan anak-anak yang rentan. Instagram menimbulkan kemarahan di kalangan pendukung anak-anak ketika mengumumkan rencana pada tahun 2021 untuk meluncurkan platform untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. Ini adalah upaya yang akhirnya ditolak oleh perusahaan. 

Perusahaan induknya, Meta (saat itu Facebook), menghadapi kontroversi setelah para penelitinya menemukan Instagram “berbahaya” bagi banyak pengguna muda, terutama remaja putri. Pesaing TikTok juga dikritik karena menampilkan konten berbahaya. 

Meskipun umpan aplikasi di “Milik Anda” berfungsi dengan baik dalam menargetkan perhatian pengguna, umpan aplikasi ini berfungsi lebih baik dalam membuat Anda ketagihan selama berjam-jam. Antarmukanya yang halus dirancang untuk Anda temukan. 

Android dan iOS memiliki alat Durasi Layar untuk membantu Anda mengurangi penggunaan aplikasi favorit. Perusahaan media sosial juga telah menerapkan langkah-langkah keamanan dan kesehatan mental untuk mengekang kritik, seperti menyembunyikan suka di Instagram atau secara otomatis membatasi waktu layar remaja di TikTok. 

TikTok menggunakan kombinasi….

 

 

 

happy Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya
Happy
0 %
sad Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya
Sad
0 %
excited Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya
Excited
0 %
sleepy Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya
Sleepy
0 %
angry Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya
Angry
0 %
surprise Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D