Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker

0 0
Read Time:3 Minute, 12 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Apple baru-baru ini mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi pihak ketiga selain App Store.

Selain itu, Apple mengizinkan pengembang untuk mengiklankan aplikasi mereka di toko aplikasi pihak ketiga atau mempromosikan toko aplikasi mereka sendiri.

Hal itu dilakukan karena Apple diharuskan mematuhi Digital Marketing Act (DMA) yang melarang perilaku perusahaan besar yang beroperasi di Eropa.

Namun pihak Apple mengkhawatirkan hal tersebut karena akan memberikan celah bagi para hacker untuk meretas dan meretas data pengguna iPhone.

Salah satu karyawan Petugas Perlindungan Data Apple, Gary Davis, dalam wawancara baru-baru ini dengan iCulture, menurut GizChina, Senin (18/3/2024), ia khawatir memanfaatkan kerentanan peretas pasca undang-undang Eropa yang baru. . .

“Kekhawatiran kami adalah ‘upaya’ untuk mencegah serangan terhadap sistem iOS akan berkurang, seperti yang kami nyatakan dengan jelas di kertas putih. Peretas dapat menyerang pengguna iPhone melalui pasar pihak ketiga atau metode pembayaran lainnya,” kata Gary.

Gary menambahkan, tim Apple Security Labs telah bekerja keras untuk meningkatkan ketahanan agar peretas tidak dapat menyerang sistem iOS.

“Tim Lab Keamanan kami bekerja keras untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan untuk mencegah penyerang menyerang iOS,” kata Gary.

 

Langkah Apple baru-baru ini untuk menerapkan perubahan besar pada App Store di Eropa telah memicu kontroversi dan kekhawatiran tentang potensi risiko keamanan dan peluang bagi peretas.

Perubahan ini didorong oleh Undang-Undang Pemasaran Digital (DMA) Uni Eropa, yang bertujuan untuk memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi iPhone dari toko selain App Store dan menyediakan beberapa metode pembayaran.

Bagi Uni Eropa, peraturan baru ini merupakan langkah lain dalam perjuangan melawan potensi monopoli perusahaan besar di Eropa.

Mereka menginginkan persaingan yang baik di kawasan Eropa, yang akan menimbulkan persaingan baru di industri aplikasi.

Namun, dalam rencana tersebut terdapat kekhawatiran dan peringatan dari Apple mengenai implikasi keamanan dari perubahan ini.

Perusahaan asal Amerika ini meyakini aturan baru ini membuat pengguna iPhone rentan terhadap penipuan, serangan malware, dan phishing dari aplikasi yang diunduh di luar ekosistem Apple.

Meski kemungkinan peretasan akan meningkat, namun pengguna iPhone yang berhati-hati dalam mengunduh aplikasi tidak akan menghadapi serangan peretas.

Sementara itu, Apple menangguhkan akun Epic Games milik pengembangnya sehari setelah toko aplikasi pihak ketiga mengizinkan iOS 17.4 dipasang di perangkat iPhone.

Pengembang game Fortnite menerbitkan artikel tentang masalah tersebut dan membagikan surat yang dikirim oleh pengacara Apple yang menuduh Epic Games sangat tidak jujur.

Epic telah mengonfirmasi bahwa alasan penangguhan tersebut karena kekhawatiran Apple bahwa Epic tidak akan mematuhi kontrak yang termasuk dalam dana pengembangan.

Perlu dicatat bahwa Apple memberikan Epic akun pengembang awal tahun ini, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir tentang persetujuan pada saat itu.

CEO Epic Games Tim Sweeney mengomentari perubahan Apple pada App Store Eropa dan menyebutnya sebagai “contoh baru ketidaktaatan.”

Sweeney mengatakan Apple sebenarnya mengikuti DMA, tetapi dalam beberapa hal hal itu tidak mempermudah penjualan aplikasi pihak ketiga.

Klaim ini tidak berdasar, meskipun Sweeney dan perusahaannya bukanlah pihak yang tidak berkepentingan. 

Toko aplikasi pihak ketiga harus memenuhi persyaratan Notarisasi Apple, serta semua aturan ketat terkait moderasi, pembajakan, penipuan, dan sengketa pembayaran.

Apple berhak menghapus aplikasi pihak ketiga mana pun yang dianggap melanggar aturan ini.

Selain itu, pengembang harus membayar ‘Biaya Teknologi Utama’ jika aplikasi diunduh lebih dari 1 juta kali, yang berarti pengembang harus membayar sekitar 54 sen per pemasangan per tahun.

Setelah Sweeney secara terbuka mengeluhkan aturan baru toko tersebut, Phil Schiller dari Apple mengirim email ke Epic Games pada tanggal 23 Februari meminta “konfirmasi tertulis” bahwa perusahaan akan menepati janjinya.

Surat itu berbunyi, “Dengan jelas dan tanpa syarat, tolong beri tahu kami mengapa kami harus mempercayai Epic sekarang.” 

Sweeney menanggapi surat tersebut dengan mengatakan bahwa Epic dan anak perusahaannya bertindak dengan itikad baik dan akan mematuhi semua ketentuan kontrak saat ini dan masa depan dengan Apple. 

Epic menjawab bahwa tindakan tersebut melemahkan kemampuannya untuk bersaing dan bahwa Apple menunjukkan kepada pengembang lain apa yang terjadi ketika pengembang mencoba bersaing atau mengkritik praktik tidak adil yang dilakukan Apple.

happy Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker
Happy
0 %
sad Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker
Sad
0 %
excited Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker
Excited
0 %
sleepy Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker
Sleepy
0 %
angry Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker
Angry
0 %
surprise Apple: Aturan Toko Aplikasi Pihak Ketiga Bisa Bikin iPhone Lebih Gampang Diretas Hacker
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D