NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 

0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Kendaraan penjelajah Perseverance milik NASA sedang menjelajahi kawah Jezero dan menemukan sampel batuan dari pantai purba. Ini merupakan penemuan menarik bagi para ilmuwan yang mempelajari sejarah air dan kemungkinan bukti kehidupan mikroba masa lalu di Mars. 

11 Maret Penjelajah itu mengebor sebongkah batu yang menarik. Batuan tersebut disebut Puncak Bunsen, dan bongkahan seukuran pensil yang ditarik penjelajah disebut Komet Geyser. Keduanya diberi nama berdasarkan fitur alami Wyoming. 

“Dengan kata lain, ini adalah jenis batuan yang kami perkirakan akan ditemukan ketika kami memutuskan untuk menjelajahi Kawah Jezero,” kata NASA dalam pengumumannya pada 3 April. kata Ilmuwan Proyek Ketekunan Ken Farley, dilansir Forbes Selasa (09/04/2024). . 

Komet Geyser adalah spesimen ke-24 yang dikumpulkan Percy di Mars. Sampel disegel dalam tabung reaksi kecil. 

Kesabaran adalah laboratorium yang berputar. Penjelajah tersebut memeriksa batu tersebut dengan instrumen yang ada di dalamnya dan menyimpulkan bahwa batu tersebut kemungkinan besar “terendam air dalam waktu yang lama di masa lalu”.

Kawah danau ini dulunya merupakan danau besar, menjadikannya tempat yang sempurna untuk dijelajahi robot. Air terlibat dalam kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi, sehingga NASA tertarik pada wilayah yang dulunya berair di Mars. 

NASA merilis video pendek yang membahas temuan tersebut. Ahli geologi Samantha Gwzid mengatakan masih menjadi misteri apa sebenarnya batu ini. 

“Ada tekstur menarik yang bisa dicocokkan dengan batuan beku atau sedimen,” kata Gwzid. 

 Batuan beku berasal dari gunung berapi, sedangkan batuan sedimen sering dikaitkan dengan proses air. Para ilmuwan sedang mencoba memecahkan teka-teki tentang puncak Bunsen ini.

Sejauh ini, data menunjukkan bahwa batu tersebut mungkin terbentuk di sepanjang tepi danau. “Hampir semua mineral dalam batuan yang kami sampel terbuat dari air; Di Bumi, mineral yang disimpan dalam air seringkali efektif dalam memerangkap dan melestarikan bahan organik purba dan ciri-ciri biologis,” kata Farley. 

Studi para peneliti menunjukkan bahwa Puncak Bunsen terdiri dari butiran karbonat yang disatukan oleh silika. Komposisi, struktur, dan usia batuan ini menjadikannya kandidat utama untuk melestarikan bukti kehidupan mikroba masa lalu di perairan planet ini.

NASA memiliki rencana besar untuk pengumpulan batuan Perseverance sebagai bagian dari usulan misi Mars Sample Return (MSR). Idenya adalah mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars, mengumpulkan beberapa tabung sampel dan mengembalikannya ke Bumi untuk studi lebih lanjut. 

MSR terkendala masalah anggaran, namun rover masih mengumpulkan sampel dari berbagai area sekitar kawah. Geyser Comet mungkin merupakan permata mahkota dari koleksi itu.

Penjelajah NASA terus mengirimkan kembali banyak data baru tentang planet merah. Mereka mempelajari sejarah air di planet ini dan berpartisipasi dalam salah satu misi utama badan antariksa, yaitu mencari kehidupan, masa kini atau masa lalu, di luar Bumi. 

Komet Geyser adalah alasan untuk misi MSR yang mahal dan kompleks. Instrumen Percy hanya bisa mengarah pada sains. 

Para ilmuwan berharap dapat menganalisis sampel ini langsung di Bumi. Sampai saat itu, Komet Geyser dan batuan induknya, Puncak Bunsen, mungkin masih tetap menjadi misteri.

 

 

happy NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 
Happy
0 %
sad NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 
Sad
0 %
excited NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 
Excited
0 %
sleepy NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 
Sleepy
0 %
angry NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 
Angry
0 %
surprise NASA: Batuan Mars yang Misterius Mungkin Berasal dari Pantai Kuno 
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D