5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging

0 0
Read Time:3 Minute, 46 Second

gospelangolano.com, Jakarta Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh menjadi perhatian penting, terutama setelah mengonsumsi makanan berlemak seperti daging. Dalam upaya menjaga keseimbangan kolesterol, minuman buah segar dikenal menjadi pilihan yang efektif dan menyegarkan. 

Dibuat dengan campuran buah-buahan segar yang kaya serat, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya, minuman ini merupakan pelengkap yang bagus untuk hidangan daging berat. 

Selain memberikan rasa yang segar dan nikmat, minuman buah segar membantu tubuh mengelola kolesterol secara alami. 

Yuk simak beberapa resep minuman penurun kolesterol berikut ini yang dihimpun Fimela.com pada Rabu (12/6/2024).

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini antara lain 1 buah naga merah, 1 buah lemon atau jeruk nipis, 1-2 sendok makan gula pasir, air dan es batu secukupnya, serta setangkai daun mint. 

Cara melakukannya sebagai berikut: Kupas dan potong buah naga menjadi beberapa bagian, lalu haluskan dengan blender. Tuang buah naga yang sudah diblender ke dalam gelas.  Larutkan gula pasir ke dalam air, lalu tuangkan ke dalam jus buah naga dan aduk hingga merata tanpa menjadi terlalu kental.  Tambahkan jus lemon, daun mint cincang, dan es batu. Jus buah naga segar siap dinikmati.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim mentimun melon adalah 200 gram parutan melon, 1 buah mentimun parut, 2 sendok makan biji selasih, 2 buah jeruk nipis, serta 100 gram gula pasir, air dan es batu secukupnya. 

Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini: Rebus 150 ml air dan tambahkan gula pasir, lalu rebus hingga gula larut dan mendidih. Biarkan larutan gula hingga dingin. Rebus biji selasih dengan air panas secukupnya dan biarkan hingga biji selasih membengkak. Campurkan serutan melon, mentimun, dan biji selasih dalam mangkuk besar.  Tuang larutan gula yang sudah didinginkan ke dalam adonan.  Tambahkan air jeruk nipis, serta air dan es batu sesuai selera.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nanas kayu manis adalah 500 gr nanas, 600 ml air, 100 gr gula pasir, 3 siung, 6 cm kayu manis, 1 lembar daun pandan, ½ sendok teh garam dan 2 tetes pewarna makanan kuning.

Cara pembuatannya sebagai berikut: Kupas nanas lalu potong kecil-kecil.  Tambahkan garam, diamkan 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan kayu manis, daun pandan, dan cengkeh. Tambahkan nanas dan gula pasir, aduk hingga gula benar-benar larut. Tambahkan pewarna makanan untuk memberikan warna yang menarik. Masak hingga mendidih dan nanas terlihat matang, lalu angkat. Topping nanas kayu manis siap dihidangkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus kemangi dari buah semangka adalah 200 gram buah semangka, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan gula pasir atau sirup kelapa, air dan es batu secukupnya. 

Berikut langkah-langkah pembuatannya: Rebus 200 ml air dan tambahkan gula pasir, lalu aduk hingga gula larut. Lalu diamkan air gula hingga dingin. Gunakan sedikit air mendidih untuk memasak biji selasih hingga mengembang. Potong semangka, lalu tuangkan air dingin bersama gula. Tambahkan air jeruk nipis. Tambahkan kemangi yang sudah matang, air dan es batu secukupnya. Es semangka siap dinikmati segar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk minuman ini adalah 3 buah jeruk keprok atau jeruk segar, setengah buah lemon lokal, 1 sendok makan gula pasir dan air es secukupnya. 

Cara membuatnya sebagai berikut: Potong 2 buah jeruk keprok atau peras jeruknya. Tekan dengan alat press atau dengan tangan. Tambahkan jus lemon dan gula pasir, lalu aduk hingga gula larut. Tambahkan sedikit air dan es batu sesuai selera. Aduk kembali dan minuman jeruk siap disajikan.

Anda bisa memulainya dengan memilih jus pertama yang efektif menurunkan kolesterol, yaitu jus apel. Apel kaya akan pektin, mineral, serat, vitamin B, vitamin C dan provitamin A di setiap buahnya. Dengan meminum jus apel secara rutin, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Ada beberapa jenis minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, antara lain teh hijau, susu kedelai, jus tomat, dan coklat. Namun, penting untuk memperhatikan bahan tambahan pada minuman yang Anda pilih, seperti krim dan susu tinggi lemak, yang sebaiknya dihindari.

Faktanya, minum air hangat tidak berpengaruh langsung terhadap penurunan kadar kolesterol. Namun, meminum air hangat dapat membantu mencegah dehidrasi dan memberikan kehangatan pada tubuh. Oleh karena itu, minuman ini dapat diminum kapan saja, kapan pun waktunya.

Fungsi HDL adalah mengangkut kolesterol kembali ke hati, bertindak sebagai kebalikan dari LDL. Di hati, kolesterol dipecah atau dikeluarkan dari tubuh melalui feses atau feses. Setiap individu memiliki rekomendasi kadar kolesterol darah yang berbeda-beda.

Jus tomat dikenal sebagai minuman yang efektif menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Pasalnya, jus tomat mengandung likopen, senyawa yang mampu menurunkan kadar lemak dan menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh.

happy 5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging
Happy
0 %
sad 5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging
Sad
0 %
excited 5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging
Excited
0 %
sleepy 5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging
Sleepy
0 %
angry 5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging
Angry
0 %
surprise 5 Resep Minuman Serba Buah Penurun Kolesterol, Jadi Pelengkap setelah Konsumsi Makan Daging
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D