Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya

0 0
Read Time:2 Minute, 22 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Anda mungkin pernah mendengar tentang kecemasan menjelang pernikahan, tapi bagaimana dengan mimpi buruk pascanikah?

Bulan madu akan menjadi saat yang membahagiakan bagi para pengantin baru. Namun, sebagian orang justru merasakan kecemasan serupa stres saat merencanakan pernikahan.

 

Psikoterapis yang berbasis di New York, Landis Bejar, mengatakan jenis kecemasan pascanikah ini sebenarnya “sangat umum”.

Bejar, pendiri AisleTalk Therapy, yang membantu orang mengatasi stres perkawinan, mengatakan dia sering melihat klien menghadapi kecemasan pascanikah. Bahkan, dia dan tim AisleTalk mengatur pertemuan dengan sejumlah orang untuk beberapa sesi setelah pernikahan.

Umumnya mereka akan bertanya-tanya bagaimana mereka bisa “merasa cemas terhadap sesuatu yang berjalan baik”.

Menurut Bejar, penyebab kecemasan usai pernikahan bisa ada dua. Kemungkinan pertama adalah pengantin wanita telah menjalani hari yang baik, namun masih merasa gugup, atau mungkin tidak bisa berhenti memikirkan apa yang terjadi.

Yang terbaru adalah kasus Kelsey Wahl, 37 tahun.

“Segalanya berjalan baik,” kata Wahl, yang bekerja di bagian pemasaran, kepada The Guardian. “Tetapi saya masih merasa terlalu sibuk melakukan hal yang salah atau lupa melakukannya.”

Sementara itu, Janelle Doll, 33, yang berprofesi sebagai konsultan mengaku fokus pada apakah para tamu menikmati hari besarnya.

“Saya bertanya pada diri sendiri, ‘Jika saya melakukan sesuatu secara berbeda, apakah kita semua akan lebih menyukainya?'” katanya kepada publikasi tersebut.

 

Bejar mengatakan kecemasan ini sering kali berasal dari masalah mendasar. Salah satu pasiennya, kenangnya, menemukan bahwa masalah sebenarnya adalah “kemampuannya untuk membela diri”, atau kekurangannya, yang menyebabkan masalah ketika dia gagal berkomunikasi. Penuhi keinginan Anda dengan wedding organizer.

“Kita perlu menormalisasi bahwa pernikahan tidaklah sempurna,” kata Bejar. “Kamu tidak harus menjadi sempurna untuk menjadi hebat.”

Stres juga bisa berasal dari ekspektasi budaya terhadap pernikahan yang seharusnya, kata psikolog klinis berlisensi Erik Nook, yang juga asisten profesor psikologi di Universitas Princeton, yang secara luas disebut-sebut di masyarakat sebagai hari paling bahagia dalam hidup seseorang.

Poin kehidupan, meskipun positif, dapat menyebabkan stres karena “membebani sistem fisiologis dan kemampuan mental kita dan karena orang sering meremehkan Anda karena merasa stres karenanya” dan dengan demikian, “dapat menyebabkan lebih banyak perasaan menyalahkan diri sendiri”. penilaian dan menambah stres, jelasnya.

 

Nook menyarankan pengantin wanita yang gugup untuk memfokuskan pikiran mereka pada apa yang benar dan bukan apa yang salah dengan mengingat foto-foto yang membawa kembali kenangan dan emosi positif dari hari itu dan membaca kembali buku tamu atau undangan pernikahan.

“Berani percaya,” katanya. “Saat orang-orang bilang ini hari yang menyenangkan, percayalah bahwa mereka bersungguh-sungguh dan jangan menyimpan kritik dalam hati.”

Emily Niksefat, 34 tahun, adalah salah satu calon pengantin yang berusaha melepaskan diri dari keraguan usai pernikahan. Selain berbicara dengan tamu tentang pengalaman mereka di pernikahan orang lain, ada baiknya juga untuk mengingatkan diri sendiri bagaimana rasanya menjadi tamu di pernikahan orang lain.

“Saya menyadari bahwa saya tidak akan pernah mempunyai pikiran buruk tentang pengantin lain, jadi mengapa saya melakukan ini pada diri saya sendiri?” katanya kepada Penjaga.

happy Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya
Happy
0 %
sad Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya
Sad
0 %
excited Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya
Excited
0 %
sleepy Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya
Sleepy
0 %
angry Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya
Angry
0 %
surprise Kecemasan Pascanikah Umum Dialami Pengantin Baru, Cek 2 Penyebabnya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D