Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal

0 0
Read Time:4 Minute, 18 Second

gospelangolano.com, Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) pada Rabu malam (7/8/2024) telah menyelesaikan pekerjaan perbaikan permanen jaringan pipa gas di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Sekretaris Perusahaan PGN, Fajriya Othman, mengatakan pada Kamis (8/8/2024), “Proses perbaikan berjalan dengan baik. Alhasil, aliran gas bumi melalui jaringan pipa dan kondisi persimpangan di kawasan tersebut sudah kembali beroperasi normal .”

Fajriya mengatakan, perbaikan ini merupakan upaya PGN mengatasi kebocoran pipa pada 7 Agustus 2024. Hal ini disebabkan adanya aktivitas pengeboran utilitas pihak ketiga lainnya.

Ia menjelaskan: “Kami segera mengambil tindakan pengamanan dan memperbaiki situasi. Dapat kami laporkan bahwa pekerjaan telah selesai tadi malam pukul 22.55 WIB.”

Berdasarkan laporan, kebocoran pipa gas bumi di depan Gedung Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, bermula pada Rabu (7/8/2024) sekitar pukul 16.50 WIB.

Fajriya menjelaskan sebelumnya, “Berdasarkan identifikasi di lapangan, terdapat kebocoran pada jaringan pipa utama PE berdiameter 180 mm, dan TPG melakukan perbaikan dengan memotong dan mengganti pipa PE 180 mm.” 

Tim penanganan gangguan PGN berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi kejadian tersebut dan segera memasang garis pengaman di sekitar area yang terdeteksi kebocoran. TPG juga melakukan pemeriksaan detail terhadap titik-titik kebocoran dan penggalian di sekitar lokasi perbaikan.

Selama masa penyelesaian, aliran gas dihentikan sementara untuk menjaga keamanan jaringan dan area publik. Berdasarkan dugaan sebelumnya, kebocoran material pipa PE 180 mm disebabkan oleh aktivitas pihak ketiga yang sedang melakukan pekerjaan penggalian fasilitas lain. 

Fajriya menambahkan: “Kami mohon maaf atas kejadian ini. Kami juga mengantisipasi besarnya dampak kejadian ini dan memastikan aliran gas di sekitar lokasi tetap aman.”

 

Sebelumnya, Tim Penanganan Gangguan di PGN (TPG) langsung menangani indikasi kebocoran pipa gas bumi di depan Gedung Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Saeed, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Berdasarkan laporan, kecelakaan terjadi pada pukul 16.50 WIB, Kamis (8/7/24).

TPG berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani kejadian tersebut dan segera memasang garis pengaman di sekitar area yang terindikasi kebocoran.

TPG juga melakukan pemeriksaan detail terhadap titik-titik kebocoran dan penggalian di sekitar lokasi perbaikan. Penanganan akan segera selesai dan aliran gas saat ini dihentikan sementara untuk menjaga keutuhan jaringan di area publik.

Berdasarkan identifikasi di lapangan, terdapat kebocoran pada jaringan pipa utama polietilen 180 mm. TPG melakukan perbaikan dengan memotong dan mengganti pipa polietilen 180 mm, kata Sekretaris PGN Fajriya Othman. Dari pernyataan resmi.

Kebocoran material pipa polietilen 180 mm saat ini diduga akibat aktivitas pihak ketiga yang sedang melakukan pekerjaan penggalian fasilitas lain.

“Kami mohon maaf atas kejadian ini. Kami juga mengantisipasi keseriusan kejadian ini dan memastikan aliran gas di sekitar lokasi tetap aman,” kata Fajriya.

PGN juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas sikap tanggap masyarakat sekitar lokasi kejadian yang segera memberitahukan kepada petugas PGN agar kejadian ini dapat segera teratasi.

“Untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai kejadian darurat dan kejadian yang berpotensi menimbulkan kecelakaan pada jaringan gas bumi, dapat segera menghubungi Call Center Pertamina di 135,” ujarnya.

Sebelumnya, Underholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melayani kebutuhan gas bumi di Hotel Nusantara yang berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini merupakan wujud komitmen PGN dalam mendukung pembangunan infrastruktur di wilayah IKN,

Pendistribusian gas bumi ke Hotel Nusantara dapat memperlancar kegiatan operasional hotel dengan lebih efektif dan efisien, kata General Manager Sales and Operation PGN Wilayah III, Hedi Hedianto.

“PGN tidak hanya mendukung pengembangan industri perhotelan di IKN, namun PGN juga mendukung komitmen pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur dan penyediaan fasilitas terbaik di IKN,” kata Al-Hadi, Minggu (28/7/2024).

Sebelum melaksanakan pasokan gas komersial, PGN melakukan upaya penyaluran gas bumi terlebih dahulu ke pelanggan komersial, langkah untuk mendorong peningkatan efisiensi operasional Hotel Nusantara itu sendiri.

Dalam hal ini, PGN menyediakan berbagai layanan melalui mode post-pipeline berupa Compressed Natural Gas (CNG) yang lebih fleksibel untuk mempercepat tujuan pengembangan IKN.

Pasca penyaluran, Hotel Nusantara kini dapat memanfaatkan gas bumi dari PGN sebagai sumber energi utama untuk kegiatan memasak. Dengan cara ini, Nusantara dapat mengurangi penggunaan bahan bakar jenis lain yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Berkat keandalan infrastruktur yang terintegrasi, PGN berencana menyalurkan gas bumi sebanyak 13.800 meter kubik per bulan ke Hotel Nusantara. PGN juga memastikan pendistribusian ke depan akan terjadi dengan aman dan lancar.

 

Heri Sokoko selaku project manager Hotel Nusantara menyampaikan apresiasi atas dukungan PGN dalam menyuplai gas bumi di kawasan IKN. Dikatakannya, kegiatan operasional hotel seringkali membutuhkan gas, sehingga dukungan PGN menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan energi.

“Di sini kami menggunakan bahan-bahan yang disediakan Perusahaan Gas Negara, khususnya untuk area dapur yang sebagian besar menggunakan gas,” kata Harry. “Dengan menggunakan gas bumi, aktivitas kami menjadi lebih mudah, karena kami tidak lagi mengalami kendala pasokan.”

Sekadar informasi, PGN sejauh ini juga turut berkontribusi dalam pengembangan IKN dengan menyiapkan infrastruktur perpipaan terpasang sepanjang 10,7 km Kawasan Inti Pemerintah Pusat (KIPP) 1A dan pembangunannya masih terus berjalan. Untuk tahap pertama, infrastruktur pipa ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gas bumi pada segmen pelanggan 9.996 sambungan rumah tangga (SR).

PGN senantiasa mendukung pemerintah dalam mengembangkan pembangunan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia, dan tentunya dengan keamanan dan pelayanan terbaik. Terwujudnya tenaga gas bumi di wilayah IKN merupakan salah satu wujud dari upaya tersebut.

happy Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal
Happy
0 %
sad Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal
Sad
0 %
excited Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal
Excited
0 %
sleepy Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal
Sleepy
0 %
angry Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal
Angry
0 %
surprise Perbaikan Pipa Gas Rasuna Said Kelar, PGN Jamin Layanan Gas Kembali Normal
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D