Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?

0 0
Read Time:2 Minute, 58 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Salah satu cara menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa adalah dengan berkumur dengan air garam. Cara ini direkomendasikan oleh Alexander Bryan, dokter gigi di RS Eka BSD.

“Membilas dengan air membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat dan bilas mulut Anda selama 30 detik sebelum dimuntahkan. Namun hati-hati jangan sampai tertelan saat puasa, kata Alexander dalam siaran persnya, Rabu (27/3/2024).

Apakah berkumur dengan air garam membatalkan puasa?

Pengurus Pondok Pesantren Fathul Ulum Wonodadi Blitar Ustad Muhammad Zainul Milla mengatakan, orang yang berpuasa sakit gigi, berkumur dengan air garam dan meludahkannya tanpa menelan apapun. .

“Karena tidak ada apa pun yang masuk ke dalam tubuh yang membatalkan puasa,” kata Zainul dikutip NU Online, Kamis (28/3/2024).

Hukum memasukkan sesuatu ke dalam mulut atau berkumur saat berpuasa adalah makruh, karena jika tertelan dapat membatalkan puasa.

Hukum makruh ini tidak berlaku, misalnya jika ada keperluan (hajat) untuk mengobati orang yang sakit gigi.   

Kitab Ibnu Hajar al-Haytami “Tuhfatul Muhtaj” mengatakan: 

Dan)  

Artinya:

“Dan dianjurkan untuk menahan diri dari mencicipi makanan dan hal-hal lain, meskipun hal itu dilarang karena takut makanan masuk ke tenggorokan.” (Ibnu Hajar al-Haytami, Tuhfatul Muhtaj, [Beirut: Darul Pole al-Ilmiyah, 2001], seratus I, halaman 521). 

Dan sebagaimana tercantum dalam kitab “Tuhfatut Zullab” karya Syekh Zakaria, jika perlu mencicipi atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut, maka hukum makruh ini batal:

 Dan besinya  

Artinya:

“Kalau hukumnya tidak diperlukan maka makruh.” Baik laki-laki maupun perempuan, tidak makruh bagi yang mempunyai anak kecil untuk mencicipi dan mengunyah makanan tersebut. Demikian yang dikatakan Al-Ziyadi. (Zakariya Al-Ansari, Tuhfatut Zullab, [Beirut, Darul Fikr: 2006], hal. 286).  

Pada dasarnya membilas dengan air garam harus dilakukan secermat mungkin. Itu karena jika berlebihan, air garam bisa masuk ke perut saat Anda sedang bangun sehingga menyebabkan Anda menjadi tidak berdaya.   

Dalam kitab “Fathul-Wahhab” dijelaskan sebagai berikut:

 لَا سَبْقُ مَاءٍ إِلَيْهِ بِمَكْرُوْهٍ كَمُبَالَغَةِ مَضْمَضَةٍ (lihat di atas) ِهِ  

Artinya:

“Tidak diampuni keburukan mandi dengan mengocok atau meminum air lalu melakukannya untuk keempat kalinya dan kemudian melarangnya, karena berlebihan atau kecuali berlebihan.” mensucikan yang najis (maka tidak sah), karena turunnya air tersebut merupakan akibat perbuatan yang diperintahkan agama tanpa ada pilihan masing-masing orang” (Zakariya al-Ansari, Fathul Wahhab, [Beirut, Darul Pole). Al-Ilmiya: 2017], ratus I, halaman 208).  

Setelah dimuntahkan semua air asinnya, tidak masalah jika masih ada sisa rasa di tenggorokan, karena itu hanya terbuka sedikit atau sisa rasa tanpa bentuk apapun. 

 فَرْعٌ يُفط´it ا) الصَّائ penjualanئ أَيضًا (بِوللANT عَيْنٍ) وَإ serangan قَلَّت ita لظَلَّت ita لظَلَّ ا لظَّاث penjualan antar-jemput.  

Artinya:

“Masalahnya: berbuka puasa dengan memasukkan sesuatu yang sekecil biji wijen dan biasanya tidak dapat dimakan oleh orang yang berpuasa, seperti batu yang dilubangi dari luar… sengaja dibuka untuk menaruhnya. di dalam, dan ingatlah bahwa kamu berpuasa di bagian tubuh yang disebut cekungan… dan kata “atsar” atau “bekas” bersama dengan kata “ain” atau “benda” dihilangkan, seperti masuknya angin melalui nafas. hal ini berkaitan dengan otak dan rasa makanan (Zakaria Al-Anshari, Asnal Matalib, [Beirut, Darul Pole Al-. Ilmiyah: 2013], ratus V, halaman 297).

“Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: bagi seseorang yang sakit gigi, mengunyah air garam dan muntah-muntah, hukum puasanya hanya sah jika ia memperhatikan kebutuhannya dengan cermat dan muntahnya tidak ada yang masuk ke dalam tubuhnya,” kata Zainul. menyimpulkan.

happy Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?
Happy
0 %
sad Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?
Sad
0 %
excited Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?
Excited
0 %
sleepy Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?
Sleepy
0 %
angry Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?
Angry
0 %
surprise Berkumur Air Garam karena Sakit Gigi Saat Puasa, Batalkah?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D