3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa

0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

gospelangolano.com, Jakarta Biasanya ada kasus orang mabuk batu kecubung setiap tahunnya. Alasan masyarakat mencoba buah kecubung bermacam-macam, mulai dari efek halusinasi, sebagai pengobatan tradisional, ada juga beberapa daerah yang memanfaatkannya untuk membunuh jentik nyamuk.

Karena tanaman ini memiliki efek halusinasi, maka lebih baik menggunakan batu kecubung, kata psikolog konseling narkoba di RSJ Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Firdaus Yamani.

Karena tanaman kecubung mempunyai efek halusinasi yang serius, maka hati-hati jangan sampai memakannya, kata Firdeus dalam siaran pers virtual tentang kecubung Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jumat, 19 Juli. 2024. Makan batu kecubung menyebabkan kematian

Selain menimbulkan efek halusinasi, memakai batu kecubung juga bisa menyebabkan kematian. Hal ini bisa terjadi jika kecubung dikonsumsi dalam overdosis yang fatal.

Kematian akibat kecubung terjadi karena kandungan dalam buah tanaman tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan otot-otot saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Selain itu, lanjut Firdaws, mungkin efek batu kecubung yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

Pria yang juga tergabung dalam Persatuan Profesi Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) ini mengatakan, “Detak jantung yang cepat bisa menyebabkan aritmia, kolaps atau kelumpuhan jantung dan pembuluh darah, hingga berujung pada kematian.”

Jika terjadi kejadian naas dimana ada kerabat atau teman memakan batu kecubung, maka diperlukan pertolongan segera untuk menyelamatkan nyawanya.

1. Kirim segera

Jika seseorang baru saja memakan batu kecubung, mintalah ia untuk segera muntah. Ini harus segera dilakukan ketika efek kecubung, yaitu mengganggu Anda, belum muncul.

Firdaws mengatakan: “Masukkan jarimu ke dalam tutupnya, itu menyebabkan muntah.”

2. Minum air putih 

Segera minum banyak air untuk buang air kecil.

 

Karena efek kecubung tidak main-main, maka segeralah bawa siapapun yang mengkonsumsi kecubung ke rumah sakit.

Jika penderita mengalami detak jantung cepat, suhu tubuh meningkat, dan sesak napas, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksakan ke dokter spesialis, antara lain psikiater, dokter penyakit dalam, dan dokter anestesi.

“Jadi bila diperlukan bisa dilakukan intubasi untuk menyelamatkan pasien,” kata Firdeus.

Intubasi adalah prosedur memasukkan tabung endotrakeal ke dalam saluran napas untuk menyelamatkan nyawa.

Firdaws juga mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melarang penggunaan batu kecubung sebagai obat tradisional. Ini juga mendukung pengobatan BPOM karena efek memabukkan dari batu kecubung.

“Saya mendukung BPOM yang melarang penggunaan kecubung untuk pengobatan tradisional karena efek sampingnya,” kata Firdaus.

Hal senada diungkapkan Ketua Persatuan Pengembang Obat Herbal Tradisional Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Kan.) Dr. Ingrid Tania, M.Si.

“Saat ini kecubung tidak direkomendasikan sebagai obat tradisional dan tergolong tanaman beracun,” kata Ingrid.

happy 3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa
Happy
0 %
sad 3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa
Sad
0 %
excited 3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa
Excited
0 %
sleepy 3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa
Sleepy
0 %
angry 3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa
Angry
0 %
surprise 3 Langkah Pertolongan Pertama Mabuk Kecubung, Segera Lakukan Demi Selamatkan Nyawa
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D