Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

Jakarta – Saat menjelajah Kota Depok, orang pasti tahu tentang Jalan Margonda. Nama jalan raya depok menuju jakarta rupanya mempunyai sejarah yang panjang.

Dalam laporan pertahanan Indonesia, Jumat, 5 April 2024, Margonda yang diyakini lahir pada tahun 1918 merupakan pejuang yang gugur pada 16 November 1945. Ia gugur dalam perjuangan heroik melawan Belanda.

Di akhir kekalahan Belanda melawan Jepang pada tahun 1942, Margonda mengambil kursus terbang di bawah pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Ia dilatih di bawah bimbingan Adi Sucipto yang kelak menjadi salah satu pionir TNI AU.

Yano Jonathans dalam bukunya yang berjudul “Depok Tempo Doeloe (2011)” menyebutkan bahwa Margonda bekerja di sebuah lembaga pertanian di Bogor pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Nasib Margonda kemudian berubah ketika Indonesia dinyatakan merdeka pada 17 Agustus 1945.

Ia bergabung dengan Badan Keamanan Nasional (BKR), cikal bakal TNI, setelah Belanda pulang bersama pasukan sekutu.

Namun perjuangan Margonda hanya berumur pendek. Margonda meninggal dalam rangkaian acara yang dikenal dengan nama Gedoran Depok dalam usia yang relatif muda.

Peristiwa tersebut bermula dari bentrokan pada bulan Oktober 1945. Pasukan Belanda berhasil memukul mundur pejuang Indonesia, termasuk Margonda.

Berdasarkan laman Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia, ikpni.or.id, saat terjadi baku hantam, Margonda yang seharusnya melempar granat malah terkena peluru musuh.

Granat yang masih dalam jangkauan Margonda menghancurkan tubuhnya.

Peristiwa itu terjadi di kawasan Kalibata, namun bukan di Jakarta Selatan melainkan di perbatasan Kukusan dan Savangan.

Di kalangan pejuang Depok, yang tersisa dari Margonda hanyalah kisahnya. Namanya kemudian diabadikan di jalan seremonial kota Depok. Mobil HRV menabrak 6 kendaraan dan seorang penjaga parkir di Margonda, Depok. Pengemudi mobil diduga mengantuk. gospelangolano.com.co.id 13 Agustus 2024

happy Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda
Happy
0 %
sad Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda
Sad
0 %
excited Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda
Excited
0 %
sleepy Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda
Sleepy
0 %
angry Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda
Angry
0 %
surprise Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D