Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?

0 0
Read Time:3 Minute, 27 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Google mengumumkan akan mengadakan acara pengembang tahunannya, Google I/O 2024.

Google I/O 2024 dijadwalkan pada 14 Mei pukul 10 pagi waktu setempat atau dini hari WIB pada 15 Mei di saluran YouTube Google.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, raksasa pencarian ini selalu membeberkan beberapa informasi terkini mengenai rencana Google di tahun 2024 dan seterusnya.

“Cari tahu bagaimana kami memajukan misi kami untuk mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal,” kata Google.

Masih belum ada kabar apa yang akan diumumkan malam ini, namun sejumlah bocoran Google I/O 2024 sudah beredar secara online.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa hal yang akan tampil di Google I/O 2024.

Android 15: Fitur baru dan integrasi AI yang lebih baik

Setiap tahunnya, Google selalu mengungkap sejumlah fitur baru yang akan hadir di sistem operasi perangkat Anda.

Jadi memang benar Google akan membeberkan sejumlah fitur yang akan hadir di sistem operasi barunya, yakni Android 15.

Sederet bocoran fitur baru Android 15, antara lain pesan satelit, widget tablet baru, dan desain status bar yang lebih keren.

Tak hanya itu, sebagian orang meyakini Google juga akan memperkenalkan fitur di mana pengguna dapat menyimpan data dan aplikasi orang lain yang disebut Private Space.

 

Google I/O malam ini pasti akan mengumumkan sesuatu yang baru tentang Gemini, di mana perusahaan akan lebih mengintegrasikan AI-nya ke dalam Penelusuran, Chrome, Maps, dan G Suite.

Kejutan piksel?

Google membuat gebrakan besar dengan meluncurkan Pixel 8a secara tiba-tiba bertepatan dengan debut iPad Air dan iPad Pro baru di acara Let Loose Apple. Faktanya, banyak yang percaya bahwa perusahaan akan memperkenalkan perangkat baru ini di I/O.

Seperti yang diumumkan sebelumnya, apakah Pixel 9 akan menjadi perangkat pengganti yang akan diumumkan dini hari nanti? Atau akankah perusahaan membeberkan informasi mengenai Pixel Fold?

Diketahui, bocoran informasi kedua ponsel Android ini sudah beredar di Internet sejak awal tahun ini. Namun, masih terlalu dini untuk mengumumkan seri Pixel 9.

Namun, bagi lini Fold, ini adalah sebuah peluang. Mengingat tahun lalu, Google meluncurkan Pixel Fold di I/O tahun lalu.

Di sisi lain, Google Pixel Fold memang belum sepopuler merek ponsel lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei.

Namun, Google Pixel Fold dirilis dan menjadi ponsel lipat raksasa pencarian itu.

Oleh karena itu, wajar jika perusahaan akan meluncurkan penerusnya, Pixel Fold 2. Namun, laporan terbaru menyebutkan bahwa Google tidak akan menggunakan nama tersebut untuk ponsel lipatnya.

Mengutip Android Authority, Rabu (17/4/2024), Google menggunakan nama Pixel 9 Pro Fold untuk ponsel lipat barunya.

Tak hanya itu, Pixel 9 Pro Fold kemungkinan besar akan diungkap pada sebuah acara di bulan Oktober tahun ini, dan bukan di Google I/O 2024 pada bulan Mei.

Jika benar demikian, Google tidak hanya akan meluncurkan dua smartphone seperti sebelumnya, melainkan akan memperkenalkan empat ponsel.

Keempat ponsel tersebut antara lain Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Meskipun Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL merupakan penerus Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, model Pixel 9 Pro dikabarkan akan hadir dalam ukuran yang lebih kecil.

Meski versi standar, Pixel 9 Pro akan dibekali perangkat keras kelas atas, termasuk chipset Tensor G4.  

Selain itu, fitur Lingkari untuk Menelusuri telah mulai diluncurkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti yang Anda ketahui, fitur ini merupakan hasil kolaborasi antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Frame to Search memungkinkan pengguna secara otomatis mencari informasi pada gambar atau teks. Pengguna cukup melingkari atau mencoret suatu objek di layar dan informasi mengenai objek tersebut akan langsung ditampilkan di layar.

Setelah hadir di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip GSM Arena, Minggu (2/4/2024), fitur tersebut sudah mulai menyambangi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Google sebelumnya mengatakan fitur tersebut akan diluncurkan untuk pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Berdasarkan sejumlah laporan pengguna, fitur ini tersedia langsung melalui server. Jadi pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu mengupdate aplikasi atau firmware untuk menggunakan fitur ini.

Ia juga menyatakan bahwa pengguna tidak menerima notifikasi ketika fitur ini tersedia. Oleh karena itu, pengguna harus segera mencoba fitur ini untuk melihat apakah Circle to Search sudah tersedia di perangkat mereka.

happy Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?
Happy
0 %
sad Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?
Sad
0 %
excited Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?
Excited
0 %
sleepy Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?
Sleepy
0 %
angry Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?
Angry
0 %
surprise Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D