Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut

0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

gospelangolano.com Jakarta Opor Ayam merupakan salah satu masakan ayam yang paling digemari terutama saat hari raya. Karena disajikan pada hari raya, banyak orang yang membuat opor dari ayam kampung karena lebih besar dan enak.

Namun seperti yang umum diketahui, ayam kampung cenderung lebih ramping dibandingkan ayam broiler. Artinya ayam harus direbus terlebih dahulu atau dimasak dengan tekanan selama beberapa jam.

Namun, ada cara lain yang lebih mudah untuk menjaga ayam kampung tetap empuk dan juicy tanpa menggunakan panci presto. Cara tersebut dibagikan pengguna akun YouTube/Ika Mardatillah pada Kamis (8/8/2024) sebagai berikut.

Siapkan ayam yang sudah dibersihkan, lalu potong menjadi beberapa bagian. Porsi ayam kampung bisa disesuaikan dengan selera, namun porsinya jauh lebih enak.

Setelah itu dipanggang dalam oven dengan suhu sedang. Jika sudah cukup panas, masukkan semua potongan ayam dan tambahkan sedikit air. Biarkan ayam matang selama setengah jam dalam keadaan tertutup, tidak perlu diaduk.

Siapkan dan nikmati bumbu berikut untuk menikmati sup:

● 10 siung bawang putih dan 8 siung bawang putih.

Merah 4 batang rokok merah.

● 3 buah lemon dan 5 lembar daun jeruk.

● 2 ruas kunyit dan 1 ruas jahe.

1 ruas kanguru dan 1 jari laos.

● 1 sendok teh ketumbar dan 10 bawang bombay.

● 3/4 sendok teh jintan dan 1/2 sendok teh merica.

Setelah dihaluskan, panaskan sedikit minyak dengan api sedang, lalu goreng bumbu hingga matang dan harum.

Jika bumbu yang sudah matang sudah harum, kini masukkan semua potongan ayam yang sudah dikocok hingga matang. Tambahkan sedikit air hingga ayam terlumuri bumbu secara merata.

Jika ternyata rasa dasarnya sudah meresap setelah dicampur ke dalam ayam, tambahkan sedikit santan lagi dan aduk kembali. Setelah santan encer tercampur rata, kini masukkan santan kental dan aduk kembali agar kuah utama tidak menggumpal.

Jangan lupa tes rasa untuk mengetahui apakah garamnya masih kurang. Jika sudah benar, ayam bisa langsung disajikan.

Opor ayam perpaduan nasi putih atau lontong memberikan cita rasa yang menggugah selera. Kelezatan dan cita rasa soto ayam membuatnya nyaman untuk dinikmati setiap hari maupun di acara-acara khusus seperti perayaan Idul Fitri, Tahun Baru, atau ulang tahun.

Tentu saja, Anda bisa memanaskan kembali ayamnya untuk mempertahankan cita rasa lezatnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan ayam Anda terasa enak dan tidak rusak saat dipanaskan kembali.

Perbedaan Opor, Mild dan Kari : Opor rasanya ringan dan tidak terlalu pedas. Selain itu, Golai dan Kari menawarkan rasa yang kaya dan kompleks dengan bahan yang kuat dan pedas.

Opor Ayam adalah masakan ayam yang disajikan dengan kuah santan. Teknologi menjahit digunakan dalam produksi.

Kandang ayam bisa bertahan berapa lama? Kaldu ayam bisa bertahan hingga tiga hari jika disimpan di lemari es. Namun ayam akan bertahan lebih lama, bahkan hingga seminggu, jika disimpan di freezer.

happy Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut
Happy
0 %
sad Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut
Sad
0 %
excited Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut
Excited
0 %
sleepy Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut
Sleepy
0 %
angry Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut
Angry
0 %
surprise Tidak Usah Dipresto, Ini Cara Bikin Opor Ayam Kampung Agar Lebih Lembut
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D